Tentang Kami

A. LATAR BELAKANG

Kemiskinan dan disabilitas sangatlah terkait satu sama lain. Disabilitas seringkali membuat orang semakin miskin karena terbatasnya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan dan mengembangkan keterampilan. Meskipun diantara mereka ada yang bisa bekerja dan berhasil berbaur dengan baik di masyarakat, penyandang disabilitas yang menghadapi kemiskinan dan pengangguran masih lebih besar jumlahnya.

Salah satu masalah terpenting bagi penyandang disabilitas adalah akses penghidupan. Menurut estimasi ILO, 10% dari jumlah penduduk Indonesia merupakan penyadang disabilitas, yang berarti berjumlah sekitar 24 juta orang. Sementara itu, jumlah tenaga kerja penyandang disabilitas (data tahun 2010) mencapai sekitar 11 juta orang (Sumber: http://menteri.depnakertrans.go.id). Jumlah ini harus berkompetisi dengan masyarakat bukan penyandang disabilitas, yang secara sistem lebih dimudahkan dalam segala hal, khususnya akses terhadap informasi dan komunikasi.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan akses penghidupan mereka penyandang disabilitas, diperlukan suatu sistem yang terpadu dalam rangka meningkatkan kemampuan personal berupa pendidikan maupun skill penyandang disabilitas, yang terintegrasi dengan akses pasar (konsumen) dan perusahaan pemberi lapangan kerja.

B. TENTANG BISAMANDIRI.COM

BisaMandiri.com diinisiasi oleh BisnisUKM.com dan PRY (Pusat Rehabilitasi Yakkum) Yogyakarta. Melihat pengalaman PRY menjalankan program pendampingan disabilitas, dan pengalaman BisnisUKM.com dalam pendampingan usaha UMKM,  serta pentingnya teknologi bagi peningkatan kualitas hidup disabilitas, maka digagaslah website ini, BISAMANDIRI.COM.

BisaMandiri.com merupakan Sistem berbasis web dan aplikasi mobile untuk penyandang disabilitas dengan fokus pada 4 (empat) pendampingan utama, Pendidikan (Knowledge & Skill), Bisnis (Entrepreneurship), Pasar (Marketplace), dan Jaringan Kerja (Networking). Sistem ini dilengkapi dengan berbagai konten pembelajaran dalam bentuk ebook, audio, maupun video tutorial.

Secara umum, sistem ini diharapkan mampu menjembatani penyandang disabilitas untuk lebih mudah mengakses pendidikan, lapangan kerja, dan mampu meningkatkan perekonomian keluarga serta mampu menjadi individu yang mandiri secara utuh.

Leave a Reply

12 Comments on "Tentang Kami"

Notify of

Salam. Saya salah seorang penyandang disabilitas. Menjadi penyandang disabilitas memang tidak mudah. Fasilitas umum di negeri ini tidak bersahabat dengan kondisi kami. Saya seringkali merasa kesulitan untuk melakukan aktivitas jika harus sendiri. Saya ke mana-mana menggunakan tongkat sebagai alat bantu berjalan. Seiring bertambahnya usia, keadaan fisik melemah mulailah saya membutuhkan alat bantu yang lain, tapi malah jadi bingung karena jalan dan fasilitas umumnya tidak mendukung.

terimakasih mbak imas untuk sharingnya, memang issue aksesibilitas menjadi masalah yang paling utama di negara kita. namun dengan langkah advokasi hak penyandang disabilitas yang salah satunya adalah hak untuk mengakses fasilitas umum, Insya Allah akan membuahkan hasil yang signifikan di kemudian hari :)

Ass,,sebelum’nya terima kasih sudah bnyak mmberi saya pengetahuan khusus’nya tentang penderita tuna rungu. Kebetulan ank saya yg kini brusia 5,5th menderita tuna rungu wicara. Saya mau tanya apa tdk ada donatur yg bisa membantu saya membeli ABD untuk ank saya. Demikian terima kasih

Selamat pagi ibu, terima kasih sudah mengakses bisamandiri.com, apakah kami boleh tau ibu tinggal di daerah mana? jika di Yogyakarta (DIY) kami juga terhubung dengan program Jamkesus (Jaminan Kesehatan Khusus) yang merupakan program dari pemerintah dan sementara ini baru ada di Yogyakarta saja sehingga baru dapat diakses oleh mereka yang berdomisili di Yogyakarta. Demikian ibu, semoga membantu :)

Salam mobilitas
www.flickr.com/rwinsolo
www.youtube.com/rwinsolo

Maaf sebelum nya.. Tadi saya baca di Link tadi , sekolah untuk anak berkebutuhan khusus.. Diskalkulia bagaimana ?

selamat pagi ibu Febyta, mohon maaf sebelumnya apakah dapat diperjelas maksud pertanyaannya? terimakasih ibu dan terima kasih sebelumnya :)

Anak saya mengalami diskalkulia , cara tepat untuk mengatasinya bagaimana ? Dengan saran anda akan dapat membantu. Terima kasih

Iya . jadi begini anak saya mempunyai gangguan belajar yang khusus matematika, dia sulit untuk menghitung .. Dengan sekolah yang umum anak saya takut pada saat pembelajaran matematika..tolong saran nya nggih.. Terima kasih..

dear Ibu febyta,

untuk anak dengan gangguan belajar seperti disleksia ataupun diskalkulia ada sekolah khusus bagi anak-anak yang mengalami gangguan belajar tersebut. salah satunya adalah Sekolah Talenta. monggo ibu untuk mengakses website dari Sekolah Talenta. terima kasih ibu :)

Assalammu’alaikum..sy rosa,anak sy usia 4th menderita CP sdh 3th an,sdh fisiotrapi trs tp msh minim gerak,blm miring kiri kanan hny tiduran sj,pnyebab cp krn meningitis,bakteri staphilococcus dg jumlah yg sgt byk mnurut dokter n hasil LP(lumbal punci)…mohon sarannya

Ohya ap ad grup bbm/WA utk ibu2 yg memiliki anak berkebutuhan khusus..biar bisa sharing,saling support dll..kadang sy butuh pnyemangat kl lg down..beda kl yg memberi smangat org2 yg tdk mpunyai nk bkbutuhan khusus.trims

selamat siang ibu, terimakasih untuk sharingnya di bisamandiri.com. merawat anak dengan kondisi Cerebral Palsy memang bukanlah hal yang mudah, untuk menjawab pertanyaan ibu, yang pertama saat ini akan lebih baik bagi ibu untuk selalu memonitor konsentrasi bakteri yang ada pada putra ibu. yang kedua, terapi merupakan hal yang penting bagi anak Cerebral Palsy, teruslah melakukan terapi yang sangat berguna untuk memaksimalkan fungsi geraknya walaupun perkembangan anak Cerebral Palsy memang tidak bisa disamakan antara satu anak dengan yang lain ibu, tetaplah bersabar. untuk organisasi orang tua dengan anak Cerebral Palsy, di Yogyakarta terdapat peguyuban WKCP-Wahana Keluarga Cerebral Palsy. jika ibu tidak… Read more »
wpDiscuz