Difabel Corner UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Difabel Corner UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Difabel Corner adalah layanan terintegrasi Perpustakaan Pusat UIN agar koleksi perpustakaan UIN terjangkau dan dapat diakses dengan mudah oleh para difabel

Difabel Corner UIN Suka Yogyakarta

Difabel Corner (DC) adalah layanan yang terintegrasi dengan layanan Perpustakaan Pusat UIN agar koleksi perpustakaan UIN aksesibel, terjangkau dan dapat diakses dengan mudah oleh para difabel. DC berfungsi menyediakan alat bantu teknologi yang memungkinkan tunanetra mendapatkan kemudahan mengakses buku.

Di antara kelompok disabilitas yang ada, tunanetralah yang paling mengalami kesulitan saat mengakses buku. Untuk itu, dukungan fasilitas teknologi sangat diperlukan, agar tunanetra dapat membaca buku secara mandiri. DC terletak di salah satu sudut di bawah tangga ruang perpustakaan UIN SUKA.

Di dalam Difabel Corner terdapat Al Qur’an dalam huruf Braille, digital talking book produksi Mitra Netra, dan alat bantu teknologi untuk memudahkan tunanetra mengakses buku, yaitu komputer komputer yang dilengkapi Jaws (pembaca layar) yang membantu tunanetra dalam menavigasi menu dan isi komputer, scanner dan software open book yaitu software optic character recognation (OCR) yang aksessibel untuk tunanetra.

Dengan ketiga piranti tersebut, tunanetra yang akan membaca buku di perpustakaan dapat membawa buku yang akan dibacanya ke DC. Di sana, tunanetra lalu memindai buku tersebut hingga menjadi dokumen dalam soft file, lalu membaca dokumen soft file buku tersebut dengan komputer bicara.

Difabel Corner yang diresmikan pada tanggal 20 Desember 2011 ini, selain menyediakan koleksi adaptif dan teknologi bantu juga mengupayakan bantuan personal untuk menjamin tersedianya akses pengetahuan bagi para difabel. Bantuan ini datang dari para volunteer yang setiap hari secara bergiliran mendampingi difabel untuk mencarikan buku – buku di rak – rak yang tersebar di empat lantai perpustakaan.

Para relawan yang pada umumnya tergabung dalam PSLD ini juga siap melakukan pendampingan kepada para difabel dengan membantu memindai buku, bahkan memberikan reading service yakni membacakan buku – buku yang butuh dibacakan kepada para tunanetra.

Leave a Reply

1 Comment on "Difabel Corner UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"

Notify of

sejarah berdirinya gimana?

wpDiscuz