Teknik Terapi Wicara Bagi Anak Cerebral Palsy

Teknik Terapi Wicara Bagi Anak Cerebral Palsy

Ilustrasi terapi bicara“Meskipun belum ada obat yang dapat menyembuhkan kondisi Cerebral Palsy, treatment seperti speech terapi dapat dengan cepat meningkatkan kualitas hidup seorang anak yang kemungkinan besar akan memerlukan terapi tersebut dalam jangka waktu yang cukup lama.”

Pada pemeriksaan secara umum jika putra dan putri ayah bunda didiagnosa mengalami kondisi cerebral palsy, hal pertama yang perlu dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, seorang ahli patologi wicara, terapis fisik, terapis okupasi dan ahli atau spesialis yang lain untuk membangun rencana pengobatan dan perawatan yang tepat bagi putra putri ayah dan bunda.

Kesulitan berkomunikasi dan keterlambatan bicara merupakan hal yang sering muncul pada anak dengan kondisi cerebral palsy, bahkan artikulasi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Namun demikian ada dua jenis latihan dasar yang cukup sederhana yang dapat diterapkan oleh terapis sekaligus untuk dilakukan secara mandiri oleh ayah dan bunda di rumah.

Ketrampilan Motorik Lisan

Terapis wicara dapat menentukan serangkaian terapi yang bertujuan untuk menguatkan kekuatan otot wicara. Terapi tersebut dapat terdiri dari latihan-latihan seperti menekuk lidah, meniup busa dan menggembungkan pipi. Berbagai latihan motorik lisan diharapkan dapat meningkatkan tonus otot dan kontrol otot-otot yang diperlukan ketika berbicara. Oleh karenanya diharapkan seorang terapis dapat memberikan latihan-latihan oral yang dapat meningkatkan kemampuan wicara.

Latihan Artikulasi

Banyak dari anak-anak dengan kondisi cerebral palsy harus berjuang untuk mampu mengartikulasikan kata dengan baik. Artikulasi dapat menjadi tantangan tersendiri bagi. Jika anak dengan kondisi cerebral palsy juga mengalami gangguan pendengaran, maka hal tersebut menjadi kerumitan tersendiri bagi anak, orang tua maupun terapis.

Terapis wicara oleh karenanya dapat mendorong anak untuk mampu memproduksi suara seperti yang ditargetkan. Penggunaan berbagai alat bantu juga menjadi salah satu hal yang disarankan untuk memaksimalkan berbagai latihan yang diberikan oleh terapis wicara agar dapat memberikan terapi dengan lebih efektif dan dengan cara yang menyenangkan bagi anak.

Dengan bantuan terapi wicara dan treatment lain, anak dengan kondisi cerebral palsy juga akan dapat berbicara secara maksimal sesuai dengan kemampuan anak. Bagaimanapun juga peran ayah bunda untuk memadupadankan serangkaian terapi dari berbagai specialis akan dapat memberikan dampak yang efektif bagi putra dan putri anda.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dicoba ayah serta bunda sebagai terapi mandiri bagi putra – putrinya di rumah.

Sumber gambar : http://www.ypacjakarta.org/wp-content/uploads/2015/04/HAN4397-1024×645.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz