Manfaat Speech Therapy Bagi Anak cerebral Palsy

Manfaat Speech Therapy Bagi Anak cerebral Palsy

Speech terapi anak cerebral palsy“Manfaat dari speech terapi sendiri sejatinya dapat lebih dari sekedar meningkatkan kemampuan anak untuk memahami dan menggunakan bahasa. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang seperti halnya perkembangan cognitive, social dan dan emosional. Saat anak telah belajar untuk dapat mengekspresikan diri mereka sendiri, manfaat-manfaat lain pun akan dapat dilihat dari berbagai aspek lain dari perkembangan hidupnya.”

Masih berbicara tentang speech therapy bagi anak cerebral palsy, kali ini akan dibahas lebih dalam mengenai apa saja manfaat yang didapat dari speech terapi atau terapi wicara.

Anak dengan kondisi Cerebral Palsy yang mengalami kesulitan untuk makan, mengunyah maupun menelan cenderung untuk bermasalah dalam pertumbuhan dan menjaga berat badan yang sehat. Speech terapi kemudian dapat menjadi jalan keluar untuk permasalahan tersebut dengan memudahkan anak untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

Pada bahasan yang lalu, telah dibahas mengenai manfaat speech terapi secara umum. Lebih lanjut lagi dengan menerapkan speech terapi bagi anak dengan kondisi cerebral palsy secara khusus ayah dan bunda akan mendapat manfaat seperti di bawah ini:
1. Artikulasi
2. Pengucapan
3. Kefasihan berbahasa
4. Pembentukan kata
5. Pendengaran
6. Pengembangan bahasa dan kosakata
7. Pengembangan bahasa dan kosakata
8. Volume bicara
9. Pemahaman kata
10. Mengendalikan pernafasan
11. Mengunyah
12. Menelan makanan
13. Penguatan koordinasi otot wicara

Speech terapi secara lebih dalam dapat membawa manfaat bagi perkembangan anak dengan kondisi Cerebral Palsy dalam aspek lain seperti:
• Mendorong proses pembelajaran
• Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah
• Meningkatkan kepercayaan diri
• Membangun kemampuan anak untuk mengekspresikan pendapat dan ide-ide mereka.
• Mengurangi rasa malu
• Meningkatkan kualitas hidup mereka.

Banyak sekali manfaat yang ayah dan bunda dapatkan dengan mendukung perkembangan buah hati melalui speech terapi. Jangan pernah ragu untuk memilih dan menerapkan terapi tersebut bagi buah hati. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz