Aquatic Terapi bagi Anak Cerebral Palsy

Aquatic Terapi bagi Anak Cerebral Palsy

Aquatic terapi anak cerebral palsyAquatic terapi atau yang dulu dikenal dengan sebutan hydro terapi merupakan salah satu cabang fisioterapi yang mengutamakan media air sebagai fokus terapi yang digunakan bagi anak berkebutuhan khusus salah satunya anak cerebral palsy. Sampai hari ini memang belum ada obat yang dapat menyembuhkan cerebral palsy,  namun dengan mengoptimalkan sel-sel sehat dengan berbagai jenis terapi, maka akan selalu ada harapan untuk mencapai kemandirian.

Mengapa aquatic terapi dibutuhkan bagi anak cerebral palsy?

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa salah satu akibat dari kondisi cerebral palsy pada anak adalah kondisi kekakuan atau spastisitas yang menyebabkan gangguan pada otot dan gerak tubuh. Ketika anak berada di dalam air, otot yang kaku tersebut akan lebih mudah digerakkan. Hal tersebut dikarenakan ketika anak berada didalam air, dorongan air akan membantunya untuk lebih mudah bergerak.

Pada prinsipnya aquatic terapi dapat diberikan pada hampir semua anak cerebral palsy. Namun, dalam memilih dan menerapkan aquatic terapi pada anak dengan kondisi cerebral palsy tentu saja tetap harus memperhatikan dan menyesuaikan kondisi anak.

Ada beberapa syarat yang ayah dan bunda harus mengerti sebelum memilih aquatic terapi bagi putra putri dengan kondisi cerebral palsy. Diantaranya adalah anak dapat berkomunikasi sehingga dapat mengutarakan perasaannya, tidak takut air tentu saja, tidak mempunyai komplikasi lain seperti epilepsi, lebih baik jika anak juga mempunyai kemampuan untuk menahan buang air besar dan buang air kecil.

Pengalaman dari berbagai aquatic terapi yang dilakukan di Pusat Rehabilitasi YAKKUM, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari aquatic terapi. Diantaranya adalah mengurangi spastisitas pada anak sekaligus memberikan penguatan pada anggota gerak anak. Melalui aquatic terapi, anak-anak dengan kondisi cerebral palsy menjadi lebih rileks dan menjalani terapi yang diberikan dengan cara lebih menyenangkan. Aquatic terapi juga dapat digunakan untuk mendukung koordinasi untuk berjalan terutama pada anak cerebral palsy yang masih mampu berjalan.

Banyak cara yang dapat kita lakukan bagi buah hati kita untuk mendukung perkembangannya. Salah satunya dengan aquatic terapi. Kenali putra dan putri ayah bunda dan pilihlah terapi yang bermanfaat sekaligus menyenangkan bagi buah hati anda.

Tim Bisamandiri.com

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of