Rehabilitasi Untuk Anak Cerebral Palsy

Rehabilitasi Untuk Anak Cerebral Palsy

Aktivitas terapi anak cerebral palsy Seperti anak lain pada umumnya, anak dengan kondisi Cerebral Palsy juga mengalami tumbuh kembang seperti yang lainnya. Hal yang membuat mereka berbeda dan mempunyai kebutuhan lain dalam melakukan kegiatan sehari-hari adalah adanya gangguan yang terjadi pada system otot, rangka dan syaraf.

Berdasarkan kondisi dan karakternya, selain pendidikan, anak Cerebral Palsy juga membutuhkan layanan lain untuk mengatasi kesulitan yang ditimbulkan akibat kondisi fisik mereka. Salah satu layanan yang dibutuhkan yaitu dalam bentuk rehabilitasi.

Yang dimaksud dengan rehabilitasi medis disini adalah rehabilitasi yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh anak dengan kondisi cerebral palsy. Terdapat berbagai macam jenis layanan yang termasuk dalam rehabilitasi medis yang dapat diberikan kepada anak cerebral palsy untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Pelayanan Fisioterapi

Pelayanan fisioterapi merupakan pelayanan kesehatan untuk memelihara, mengembangkan maupun memulihkan fungsi dan gerak organ tubuh dengan menggunakan berbagai peralatan fisik, elektroterapeutik dan mekanis melakukan penanganan baik secara maupun manual melalui  berbagai macam pelatihan.

Terapi untuk anak cerebral palsyPelayanan Okupasi Terapi

Okupasi Terapi dimaksutkan untuk, memulihkan fungsi,  mengembangkan dan memelihara maupun mengupayakan adaptasi terutama untuk mengembangkan kemandirian dalam melakukan kegiatan sehari-hari (Activity Daily Living) dan fungsi produktif.

Pelayanan Ortosis – Prostesis

Adalah salah satu bagian rehabilitasi secara teknis yang diberikan kepada anak dengan kondisi Cerebral Palsy melalui perancangan dan pembuatan alat bantu guna memulihkan dan memelihara fungsi atau bahkan sebagai pengganti anggota gerak.

Pelayanan Terapi Wicara

Terapi wicara dimaksudkan untuk mengupayakan optimalisasi fungsi menelan, komunikasi dan berbicara melalui berbagai macam pelatihan stimulasi, fasilitasi (mekanis, fisik, elektroterapiutik) dan remediasi.

Pelatihan kewirausahaan untuk pasien cerebral palsyPelayanan Sosial Medik

Merupakan segala macam uapaya untuk membantu anak dengan kondisi Cerebral Palsy maupun penyandang disabilitas pada umumnya untuk dapat terintegrasi kembali dalam masyarakat. Hal yang paling dapat terlihat dari pelayanan ini adalah diberikannya pendidikan ketrampilan (vocational training) kepada penyandang disabilitas sesuai minat dan kemampuan masing-masing.

Pelayanan Psiko Social

Aspek psiko social merupakan bagian penting dalam rehabilitasi anak Cerebral Palsy. Rehabilitasi psiko social diberikan dalam bentuk konseling untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan penerimaan diri agar dapat hidup dalam keluarga dan masyarakat secara wajar. Tidak dipungkiri bahwa rasa rendah diri inilah yang sering kali menghambat mereka dalam pengembangan diri. Melalui pelayanan ini anak dengan kondisi Cerebral Plasy akan diberi penguatan guna memiliki mental yang kuat ketikan berinteraksi dalm lingkungan sosialnya.

Melalui berbagai macam rehabilitasi tersebut, ayah dan bunda dapat mengoptimalkan kemandirian putra dan putri anda. Anak dengan kondisi Cerebral Palsy berhak mendapatakan kesempatan untuk mengupayakan kemandirian bagi hidup mereka sendiri.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

  Subscribe  
Notify of