Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy

Pendidikan Bagi Anak Cerebral Palsy

Pendidikan khusus untuk cerebral palsyMempunyai anak berkebutuhan khusus merupakan suatu tantangan tersendiri termasuk memiliki anak dengan kondisi Cerebral Palsy (CP). Seperti  sudah diketahui bersama anak dengan kondisi cerebral palsy pada umumnya mempunyai permasalahan motorik karena sering kali kondisi tersebut menyebabkan kekakuan atau kelemahan otot pada anak.  Pada tingkatan kondisi Cerebral Palsy ringan sampai sedang, umumnya anak dengan kondisi Cerebral Palsy tidak mempunyai masalah pada segi kognitifnya. Hal ini membuka banyak kesempatan untuk mengusahakan anak memperoleh akses pendidikan.

Dalam mengupayakan hal itu, banyak hal yang tentu saja harus menjadi pertimbangan sebelum memasukkan anak CP ke sekolah tertentu. Yang pertama ayah dan bunda harus lakukan adalah mengenali kemampuan buah hati dengan seksama terutama kemampuan kognitif, perilaku dan verbalnya. Lebih dianjurkan untuk mengkonsultasikan kondisi buah hati ke dokter maupun terapis yang selama ini telah mendampingi untuk mengenali sejauh mana kemampuan anak untuk bersekolah. Menjadi hal yang penting untuk mengenali kekurangan agar dapat lebih diperhatikan dan kelebihan untuk dapat dimaksimalkan.

Setelah mengenali dengan seksama kemampuan anak, maka ayah dan bunda dapat mulai memikirkan sekolah mana yang tepat bagi buah hati. Beberapa hal sederhana namun penting yang dapat dilakukan  dalam memilih sekolah yang tepat adalah :

Bertukar pengalaman dengan orang tua lain yang mempunyai pengalaman yang sama. Hal ini menjadi penting karena dalam banyak hal, pengalaman tetaplah guru terbaik maka tetaplah menjadikan hal tersebut sebagai faktor utama dalam menyiapkan buah hati ayah dan bunda.

Pendidikan anak cerebral palsyLakukanlah observasi terhadap sekolah yang telah dipilih ayah dan bunda. Beberapa hal yang harus diamati terutama adalah mengenai kurikulum dan  rencana kegiatan yang telah ditentukan bagi buah hati ayah dan bunda. Seperti yang sudah diketahui bersama, dampak dari kondisi cerebral palsy berbeda dari satu anak dengan anak yang lain. Oleh karenanya, rencana kegiatan sekolah seharusnya dibuat berdasarkan kemampuan per anak (per individu) dan tidak dapat disamakan dengan anak yang lain.

Menjadi hal yang penting juga untuk mengetahui sejauh mana wawasan guru dan pengelola sekolah mengenai cerebral palsy. Agar dapat memberikan pelajaran dengan baik dan efektif bagi anak Cerebral Palsy tentunya pengajar juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang kondisi Cerebral Palsy.

Tidak dipungkiri bahwa anak Cerebral Palsy mempunyai keterbatasan dalam motoriknya. Namun banyak dari mereka yang memiliki kemampuan kognitif yang baik. Memberi mereka kesempatan untuk mengenyam pendidikan merupakan hal yang sangat baik terutama bagi perkembangan mereka. Namun sekali lagi, orang tualah yang terutama mengetahui secara persis kemampuan anak. Janganlah berkecil hati, anak dengan kondisi Cerebral Palsy jugamempunyai kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan.

Tim Bisamandiri.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of