Pelatihan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Penguatan Organisasi

Pelatihan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Penguatan Organisasi

Peserta Pelatihan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Penguatan OrganisasiKulon Progo – Pada tanggal 30 Maret 2016 Bisamandiri.com mengadakan pelatihan bagi pengurus PPDKP (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Kulon Progo) Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan pengurus dan anggota DPO yang ada di 12 kecamatan dalam hal komunikasi dan membangun jejaring melalui media sosial, terutama melalui fitur chat messenger seperti WA dan Facebook.

Acara yang dilaksanakan di LBK Pengasih, dihadiri oleh perwakilan pengurus dari masing-masing DPO. Sebanyak 36 orang sangat antusias mengikuti acara pada siang hari itu mengingat adanya kesadaran pentingnya media social untuk membangun komunikasi dan mengembangkan organisasi.

“Sekarang ini kita tidak dapat menghindar dari kemajuan teknologi. Jika ingin berkembang mau tidak mau kita pun harus memiliki ketrampilan dan aktif berkomunikasi melalui media sosial.” Kata Sarjiya, ketua PPDKP Kab. Kulonprogo.

Penyandang disabilitas belajar menggunakan sosial mediaLebih lanjut lagi dia menambahkan“Tujuan dari acara pada hari ini terutama terbentuknya grup WA dan Facebook PPDKP sekaligus membangun jejaring di setiap kecamatan di Kulon Progo sekaligus bagi anggota agar dapat berkomunikasi lewat grup,” imbuhnya.

Penguatan jaringan aliansi DPO melalui media social diawali dengan pengenalan perkembangan komunikasi dan pengenalan internet itu sendiri.

Yohanes Hastadi Kurniawan sebagai fasilitator dalam acara tersebut menambahkan, “Penting bagi peserta untuk memahami dari hal yang paling sederhana yaitu istilah-istilah yang paling sering ditemui dalam penggunaan internet sebelum mampu menggunakan internet itu sendiri,” jelas Yohanes Hastadi Kurniawan.

Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan pada siang itu banyak pertanyaan yang diajukan mengenai pembuatan akun Whatssap dan grup Whatssap. Pada training tersebut juga dibahas mengenai pembuatan akun Facebook guna mendorong terbentuknya akun Facebook pada tingkat PPDKP dan di masing-masing kecamatan. Pada kesempatan tersebut juga digunakan untuk menunjuk satu coordinator admnistrasi yang bertugas untuk mengupdate kegiatan yang berlangsung di setiap DPO.

Bisamandiri.com mengadakan pelatihan bagi pengurus PPDKP“Bisamandiri.com sependapat dengan Bapak Sarjiya yang mendorong pengenalan dan penggunaan internet bagi anggota aliansi PPDKP karena kedepannya mau tidak mau kita harus menggunakan internet. Hal tersebut merupakan satu hal yang tidak dapat kita hindari jika tidak mau tertinggal.” ungkap Yohanes Hastadi Kurniawan.

Menjadi rencana tindak lanjut dari PPDKP untuk senantiasa mengupdate kegiatan yang berlangsung di setiap DPO maupun kegiatan PPDKP sendiri sekaligus menjadikan media social tersebut sebagai sarana promosi produk-produk DPO. Tidak dapat dipungkiri eksistensi sebuah organisasi dalam media social dapat menjamin sustainability organisasi di masa datang. Besar harapan segenap anggota PPDKP untuk dapat melestarikan program-program organisasi kedepan.

Tim Liputan Bisamandiri.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz