Apa itu Skoliosis?

Apa itu Skoliosis?

Apa itu SkoliosisKesehatan sudah menjadi gaya hidup modern pada masyarakat umum belakangan ini. Namun ada satu hal yang masih sering tidak kita hiraukan, yaitu kesehatan tulang belakang. Akibat yang muncul dari hal tersebut adalah kasus Skoliosis. Yang dimaksud dengan skoliosis adalah kelainan yang muncul pada rangka tubuh khususnya pada tulang belakang.

Tulang yang pada mulanya lurus menjadi bengkok atau cenderung membentuk huruf S. Banyak penelitian menunjukkan kasus-kasus skoliosis lebih banyak terjadi pada wanita dibanding laki-laki. Penyebab utamanya adalah tulang wanita yang cenderung lebih lentur dibandingkan laki-laki yang lebih tebal.

Ada 2 macam jenis skoliosis yaitu fungsional dan structural. Yang dimaksud skoliosis fungsional sendiri adalah kondisi skoliosis yang disebabkan oleh faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan tulang belakang. Seperti halnya perbedaan panjang kaki, kebiasaan untuk membawa tas hanya pada satu sebelah bahu saja maupun posisi tidur miring pada satu sisi. Kebiasaan dan kondisi perbedaan tersebut lambat laun mengakibatkan adanya penyesuaian  pada tubuh terhadap kemiringan tersebut juga spasme otot (adanya beberapa otot yang menarik).

Sedangkan skoliosis structural merupakan kelainan pada tulang dari lahir. Salah satunya adalah keadaan ketika tulang belakang hanya terbentuk separuh dan yang lain gagal terbentuk. Pembedahan perlu dilakukan jika kondisi skoliosis sejak lahir tersebut membawa dampak yang membahayakan.

Jika dibiarkan, kondisi skoliosis juga akan membawa dampak yang membahayakan bagi tubuh. Rangka tulang belakang yang seharusnya lurus, jika ada pembengkokkan atau kemiringan maka akan ikut menarik otot melengkung ke arah luar dan menekan otot pada bagian tubuh yang melengkung ke dalam. Akibat yang ditimbulkan adalah rasa tidak nyaman, pegal bahkan rasa nyeri.

Merupakan hal yang penting untuk memperhatikan secara khusus kesehatan tulang belakang. Karena tulang adalah pondasi yang menyangga postur tubuh pada manusia. Karenanya, skoliosis pun juga menjadi hal yang harus kita antisipasi sedari sekarang.

Sumber gambar : https://i.ytimg.com/vi/rkrpwvGg48U/maxresdefault.jpg

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of