Akibat Kelainan Tulang Skoliosis

Akibat Kelainan Tulang Skoliosis

Kenali SkoliosisPada artikel yang lalu telah dibahas mengenai pengertian skoliosis. Merupakan hal yang penting juga utuk membahas apa efek samping dari kondisi skoliosis yang sering kali hanya dipandang sebelah mata bagi penderitanya. Tidak banyak orang tahu bahwa kondisi skolisosis pun membawa akibat-akibat yang jika tidak mendapat penanganan segera dapat membahayakan jiwa.

Pada derajat  kemiringan tulang di bawah 45 derajat, umumnya penderita tidak akan mengalami gangguan-gangguan yang signifikan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Gejala yang paling sering muncul adalah nyeri punggung.

Terdapat berbagai macam akibat atau efek samping yang muncul pada kondisi skoliosis. Selain nyeri punggung, pada umumnya penderita skoliosis akan mengalami munculnya rasa nyeri yang dimulai dari tulang belakang dan menjalar pada bagian tubuh yang lain seperti pinggul, kaki, punggung dan bahu. Rasa nyeri tersebut akan sangat terasa pada saat melakukan aktifitas seperti berjalan atau bahkan pada saat duduk dan berdiri.  Pada beberapa kasus skoliosis rasa nyeri tersebut akan terus muncul pada posisi tubuh apapun.

Jika kemiringan tulang mencapai 45 derajat atau lebih, konsekuensi yang muncul tidak hanya sebatas pada rasa nyeri yang timbul. Pada kemiringan tersebut, efek samping yang ditimbulkan juga akan berdampak pada organ dalam penderita seperti jantung dan paru-paru. Karena kemiringan yang terjadi pada tulang belakang, tulang rusuk akan mendesak ke bagian dalam tubuh yang kemudian akan menghimpit paru-paru dan jantung sehingga menimbulkan masalah pada pernafasan dan rasa sesak.  Permasalahan pada kemampuan jantung memompa darah juga akan berpotensi terjadi.

Pada tingkatan kondisi skoliosis parah dengan kemiringan 90 derajat atau lebih akan muncul resiko terjepitnya saraf pada tulang belakang yang dapat menimbulkan kelumpuhan pada penderita.

Sangatlah disayangkan bahwa hanya sedikit saja penderita skoliosis yang benar – benar menyadari berbagai macam resiko serius yang dapat timbul dari kondisi skoliosis.  Sebagian besar penderita skoliosis seringkali hanya mengeluhkan masalah penampilan saja. Merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan tulang belakang dengan menjaga pola hidup sehat dan lebih memperhatikan postur dan posisi tubuh ketika melakukan kegiatan setiap hari seperti duduk, tidur maupun ketika harus membawa beban dengan tas.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://wismanusantaraherbal.com/wp-content/uploads/2015/05/penyakit-skoliosis-dan-penyebabnya.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of