Makanan Terbaik Bagi Bayi dan Balita Berkebutuhan Khusus

Makanan Terbaik Bagi Bayi dan Balita Berkebutuhan Khusus

Ilustrasi Makanan Anak Berkebutuhan KhususTidak dapat dipungkiri bahwa makanan merupakan faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus. Merupakan faktor yang penting bagi ayah dan bunda untuk mengetahui bagaimana cara memberikan makan kepada buah hati dengan kebutuhan khusus. Ada 2 bahasan yang akan diangkat dalam artikel ini yang dibedakan menurut usianya, seperti di bawah ini.

Makanan Tepat Untuk Bayi berusia 4 sampai 6 bulan

Berilah Air Susu Ibu saja dan tidak ada yang lain. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa air susu ibu adalah makanan yang paling baik bagi bayi. Hal ini dikarenakan pada ASI terkandung kombinasi makanan yang ideal yang dibutuhkan bayi.  Air susu ibu juga tentu saja terjamin kebersihannya dan selalu berada pada kondisi tempetarur yang tepat bagi bayi. Lebih lanjut lagi pada ASI juga terkandung antibody yang berasal dari ibu yang mampu melindungi bayi dari penularan penyakit.

Oleh karenanya ASI sangatlah penting terutama bagi anak berkebutuhan khusus yang jauh lebih rentan tertular penyakit seperti pada anak Down Syndrome atau anak berkebutuhan lain yang mudah tersedak ketika makan dan menyebabkan pneumonia.

Jika anak tidak mampu menghisap, ibu dapat memeras ASI dan  memberikannya pada buah hati dengan cangkir dan sendok. Penggunaan botol bayi sangatlah kami anjurkan untuk dihindari sebisa mungkin karena seringkali sering menjadi tampat penularan penyakit.

Makanan Bayi Setelah 6 Bulan

Kami menyarankan untuk memberikan ASI dan juga memulai untuk memberikan makanan pendamping ASI seperti aneka ragam jus dan buah-buahan yang kaya akan vitamin, bubur sayur sayuran hijau, kacang kacangan (baik direbus maupun ditembuk), kuning telur dan makanan lain seperti beras, jagung, pisang atau ketela.

Yang perlu diperhatikan ayah dan bunda adalah bahwa perut kecil memerlukan makanan lebih sering. Memberi makan anak-anak dibawah satu tahun paling tidak 5 kali dalam sehari dan berilah camilan diantara selang waktu makan.

Jika anak mengalami kesulitan untuk makan-makanan keras, janganlah hanya memberi ASI atau susu formula saja. Bahkan ASI saja pun tidak akan cukup bagi anak setelah usia 6 bulan. Pada usia 8 bulan sampai satu tahun anak dianjurkan untuk memakan makanan yang sama seperti yang dikonsumsi oleh anggota keluarga yang lain, tentu saja dengan membuat penyesuaian seperti menghaluskan makanan tersebut.

Pada anak berkebutuhan khusus mungkin akan lebih sulit untuk diberi makan seperti pada anak down syndrome karena mereka cenderung mempunyai mulut dan bibir yang lemah. Pada anak dengan kondisi Cerebral Palsy mungkin akan lebih kompleks lagi. Permasalahan dengan cerebral palsy meliputi lemahnya otot pada mulut dan kepala serta pada control tubuh. Selain itu pada sebagian besar anak dengan Cerebral Palsy juga mengalami gangguan pada keseimbangannya, koordinasi tangan dan kaki yang buruk. Hal-hal inilah yang harus dipertimbangkan jika ingin memberi makan anak dengan lebih efektif.

Mengenali kondisi masing-masing anak sangatlah penting untuk dapat memberi makan dengan cara yang tepat dan efektif bagi anak berkebutuhan khusus. Ayah dan bunda harus senantiasa mengingat bahwa anak dengan kondisi kebutuhan khusus tetaplah memerlukan asupan gizi yang tepat bagi perkembangannya.  Semoga bermanfaat dan salam sehat!

Sumber gambar : http://shruti.co.in/wp-content/uploads/2015/06/Autism-Treatment.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz