Anak Down Syndrome dan Kondisi Psikologisnya

Anak Down Syndrome dan Kondisi Psikologisnya

Psikologi anak down syndromeJika pada dua artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai ciri-ciri fisik dan karakteristik anak down syndrome.  Merupakan hal yang penting juga bagi ayah dan bunda untuk mengenali kondisi psikologis anak down syndrome. Sama seperti pada kondisi fisiknya, anak down syndrome juga memiliki kondisi psikologis yang berbeda dengan anak pada umumnya.

Ada beberapa hal yang akan kita bahas pada artikel ini. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, yang harus ayah dan bunda tahu bahwa ada satu kondisi psikologis yang menakjubkan dan sangat menonjol pada anak down syndrome. Hampir semua anak down syndrome mempunyai hati yang penyayang, lembut hati dan selalu ingin membuat senang orang lain di sekitarnya. Mereka juga cenderung untuk ingin berteman dengan siapa saja, ramah dan ingin menyapa bahkan memberi pelukan.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang juga harus ayah bunda perhatikan. Anak down syndrome juga mempunyai kondisi psikologis tertentu yang membutuhkan perhatian dan pengertian dari orang tua dan orang-orang yang ada disekitarnya.

Pertama, hampir semua anak down syndrome mengalami gangguan belajar (learning disability) yang disebabkan kurang berkembangnya kemampuan berpikir.  Butuh waktu yang lama bagi anak down syndrome untuk mempelajari hal baru seperti ketrampilan tertentu atau mengerti hal dan pengetahuan baru. Seperti ketika kita mengajarkan mengganti baju, membutuhkan proses yang cukup lama untuk mengajarkan hal tersebut dan dilakukan setahap demi setahap.

Kedua, anak down syndrome cenderung memiliki suasana hati yang tidak stabil bahkan rentan mengalami depresi. Hal tersebut seringkali mengubahnya menjadi menarik diri dari lingkungan, mengalami penurunan minat pada lingkungan sekitarnya bahkan menjadikannya tidak mau bergaul dengan orang lain.

Ketiga, anak down syndrome cenderung memiliki perilaku yang impulsive untuk melakukan sesuatu sesuai keinginannya tanpa memiliki kemampuan untuk  memahami dan mempertimbangkan konsekwensi dari tindakan tersebut.

Keempat, pada umumnya anak down syndrome mengalami gangguan tidur sehingga anak cenderung untuk mengantuk di siang hari dan kurang memperhatikan dalam interaksi.

Demikian ayah dan bunda, sekali lagi mengenali dan mengerti kondisi psikologis anak down syndrome juga merupakan hal yang tidak kalah penting selain memperhatikan kondisi dan kesehatan fisiknya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu dalam mengasuh putra putrid ayah dan bunda.

Sumber gambar : http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1395669101.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz