Anak Down Syndrome dan Bagaimana Harus Bersikap?

Anak Down Syndrome dan Bagaimana Harus Bersikap?

Kasih sayang untuk anak down syndromeKehadiran buah hati merupakan sebuah hal yang dinanti nantikan dalam setiap pernikahan. Namun akan menjadi berbeda jika sebuah keluarga dikaruniai anak dengan kebutuhan khusus salah satunya anak down syndrome. Ketakutan dan Kekhawatiran tentulah yang dirasakan oleh orang tua ketika membayangkan masa depan buah hatinya nanti.

Sebagai orang tua, ayah dan bunda perlu menyadari bahwa seorang anak terlahir dengan keistimewaannya masing-masing, demikian juga dengan anak down syndrome. Menjadi tugas dan peran orang tualah untuk mendorong dan memberikan dukungan agar anak mampu untuk menjalani kehidupannya sama seperti anak-anak yang lain. Dalam artikel ini kita akan membagikan beberapa saran bagaimana ayah dan bunda menyikapi anak dengan kondisi down syndrome agar dapat memaksimalkan perkembangannya.

Pastikan orang tua dan lingkungan sekitar memberikan dukungan penuh kepada anak down syndrome. Kondisi down syndrome pastilah membawa keterlambatan perkembangan pada anak. Konsekuensi-konsekuensi yang mengikuti biasanya adalah adanya resiko munculnya gangguan perilaku. Sebagai contoh anak menjadi lebih sulit diatur, hiperaktif dan munculnya permasalahan yang lain.

Untuk mengurangi munculnya resiko tersebut, dukungan dan kesabaran dari orang tua tentulah menjadi kunci utama. Tetaplah menetapkan aturan-aturan kecil dalam kesehariannya yang diterapkan secara konsisten dan penuh kesabaran oleh orang tua dan lingkungan di sekitarnya. Berkaitan dengan munculnya gangguan perilaku, ayah dan bunda tetap perlu mengkonsultasikan kondisi tersebut dengan orang yang lebih ahli seperti dokter anak atau psikolog.

Selanjutnya, jadilah orang tua yang selalu berfikir positif terhadap kondisi anak. Yang terberat yang perlu dilakukan ayah dan bunda menghadapi anak down syndrome adalah dengan selalu berpikir dan bersikap positif dalam menghadapi kondisi tersebut. Janganlah menjadikan kondisi tersebut sebagai beban. Memang hal ini mudah untuk dikatakan namun yakinlah bahwa dukungan dan sikap positif dari ayah dan bunda akan mempermudah buah hati anda. Cobalah untuk menjadikan kondisi istimewa tersebut menjadi sesuatu yang dapat saling mempererat hubungan antar keluarga dengan saling mendukung satu sama lain.

Disamping itu, sebagai orang tua sebaiknya kita menyadari temperamen anak yang sering berubah-ubah. Temperamen pada anak sering kali menjadi masalah pada kebanyakan orang tua, dan juga pada anak down syndrome. Hal tersebut disebabkan karena anak down syndrome mengalami keterlambatan pada perkembangannya yang biasanya meliputi perkembangan kognitif, social, bahasa dan lambatnya untuk mengerti resiko dari tindakan yang dilakukan. Oleh karenanya penting bagi ayah dan bunda untuk berkonsultasi dengan pihak ahli untuk menyikapi perilaku temperamen yang muncul pada buah hati walaupun permasalahan dengan temperamen tidak banyak ditemui pada anak down syndrome.

Memberikan terapi dan training yang diperlukan oleh anak down syndrome. Seperti anak berkebutuhan khusus yang lain, anak down syndrome juga memerlukan terapi dan training yang diperlukan untuk meningkatkan fungsi tubuhnya. Training dan terapi yang berfokus pada alat gerak yaitu pada tangan dan kaki sangatlah diperlukan bagi anak down syndrome yang terlahir dengan kondisi otot yang lemah. Tujuan dari training dan terapi tersebut adalah untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh untuk mempermudah mobilitasnya.

Hal penting lainnya yang perlu diingat para orang tua adalah, pada umumnya anak down syndrome mempunyai pribadi yang menyenangkan dan sociable. Hal positif ini akan lebih berkembang jika orang tua dan orang lain di sekitar anak tersebut juga memiliki respon yang sama dan tidak menghindarinya. Karena permasalahan kromosom yang disandangnya tentu saja bukan pilihan hidupnya.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat kami berikan untuk ayah dan bunda yang memiliki anak down syndrome ataupun orang lain yang berada di lingkaran anak dengan kondisi down syndrome. Sama seperti anak-anak lainnya, yang diperlukannya hanyalah perhatian dan kasih sayang.

Satu hal yang ingin kami garis bawahi dalam artikel ini adalah bahwa down syndrome bukanlah kondisi yang harus dihindari. Sebab, tidak pernah ada seorang anak pun yang ingin dilahirkan dengan kondisi kromosom yang berbeda.

Sumber gambar : http://wdy.h-cdn.co/assets/cm/15/09/54ebdf5f49ccc_-_dsmomxl.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz