Training Manajemen Usaha Bagi Kelompok Penyandang Disabilitas di Purworejo

Training Manajemen Usaha Bagi Kelompok Penyandang Disabilitas di Purworejo

Training manajemen usaha kelompok DPO di Purworejo Dalam rangka memberikan motivasi bisnis bagi penyandang disabilitas khususnya di Daerah Purworejo, pada tanggal 10 – 12 Desember 2015 Pusat Rehabilitasi YAKKUM bekerjasama dengan BisnisUKM.com sebagai fasilitator, menyelenggarakan Training Manajemen Usaha Kelompok Penyandang Disabilitas di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dihadiri oleh sekitar 25 orang peserta yang datang dari perwakilan Organisasi Penyandang Disabilitas (DPO/Disable People Organization) yang merupakan dampingan dari Pusat Rehabilitasi YAKKUM di 5 kecamatan di Purworejo, ide besar diselenggarakannya acara tersebut untuk memberikan motivasi bagi penyandang disabilitas agar mampu berdaya saing dan bisa mengusahakan kemandirian mereka.

“Tujuan dari diadakannya training manajemen usaha yang diadakan di Panti Wiloso Muda Mudi, Purworejo tersebut adalah agar pengurus organisasi penyandang disabilitas mendapatkan pengetahuan mengenai pengelolaan usaha yang dapat diterapkan dengan mudah sesuai dengan kemampuan mereka,” ujar Yuni selaku Project manager dari rangkaian acara tersebut.

Selama mengikuti training manajemen usaha, para peserta yang hadir selain mendapat kesempatan untuk menambah pengetahuan tentang dunia usaha juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan narasumber dari BisnisUKM.com yaitu Bapak Rakmatniwa, S.K.M. “Disini peserta juga bisa berbagi cerita tentang dinamika dan berbagai tantangan yang mereka temui selama mengelola usaha kelompok. Tidak hanya itu saja, beberapa dari mereka juga ada yang berkonsultasi dan secara bersama-sama kita menyimpulkan solusi terbaik bagi permasalahan mereka dalam mengelola usaha kelompok,” kata Bapak Rakmatniwa, S.K.M.

Setelah mengikuti training manajemen usaha, diharapkan kedepannya kapasitas dari pengurus dan perwakilan anggota DPO dalam mengelola usaha kelompok terbentuk dengan baik sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang jaringan pemasaran produk yang tersedia.

“Dengan meningkatkan kemampuan untuk memanfaatkan peluang pasar harapan yang lebih besar lagi adalah bahwa usaha kelompok tersebut dapat menambah pendapatan bagi teman-teman penyandang disabilitas yang tergabung dalam organisasi atau bahkan dapat menjadi penghasilan utama yang dapat menaikkan kesejahteraan mereka,” harap Yuni.

Tim Liputan Bisamandiri.com

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz