KPU Sleman Sediakan Template Braille di Setiap TPS

KPU Sleman Sediakan Template Braille di Setiap TPS

gambar diambil dari : http://www.rakosa-fm.co.id/cni-content/uploads/modules/posts/20151019043322.jpg

gambar diambil dari : http://www.rakosa-fm.co.id/cni-content/uploads/modules/posts/20151019043322.jpg

KPU Sleman sediakan 1 template Braille di tiap TPS di wilayah Kabupaten Sleman. Ketua Divisi Sosialisasi dan Pendidikan KPU Sleman, Indah Sri Wulandari mengatakan, KPU Sleman  telah mendstribusikan 1969 template  Braille saat Pilbup serentak 9 Desember ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara  (PPS). “Jumlah ini jauh  lebih banyak  dari  jumlah  difabel  yang  terdata dalam DPT.  Hal  tersebut  untuk  mengantisipasi  penambahan  jumlah yang lebih banyak  data  pemilih di  kabupaten  Sleman,”ujar Indah, Selasa (8/12).

Selain itu, Indah Sri Wulandari mengatakan Penyandang Disabilitas dipastikan akan mampu menggunakan hak pilihnya karena telah dilakukan simulasi bertujuan mempermudah kaum tunanetra saat mencoblos di TPS.

Sedangkan untuk pendamping penyandang penyandang disabilitas  harus mengisi formulir pendamping atau form C3. Dengan surat itu pendamping dinyatakan sanggup mendampingi dan bersedia merahasiakan pilihan disabilitas dampingannya.

Saat ini sebanyak 238 penyandang tunanetra telah ditetapkan sebagai DPT, namun  kemungkinan masih terdapat beberapa Penyandang Disabilitasyang belum masuk DPT.

“ Memang sengaja kita lebihkan jumlahnya, karena ita tidak hanya mengacu jumlah DPT tunanetra , namun low vision ,” pungkas Indah.

Selain itu, KPU Sleman juga mencetak 148 buku panduan dengan huruf Braille untuk para penyandang tunanetra. Buku tersebut berisi profil masing-masing paslon sehingga harapannya penyandang disabilitas bisa menentukan pilihan berdasarkan visi misi yang diusung. Sementara untuk tunarungu, disediakan compact disc.

Artikel ini ditulis oleh Febriana Sinta Sari,
Penulis lepas dan Kontributor Radio dan Portal Kantor Berita Radio (KBR) wilayah Yogyakarta

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of