Karakteristik Anak Down Syndrome

Karakteristik Anak Down Syndrome

Ilustrasi karakteristik down syndromeBila artikel sebelumnya kita telah belajar tentang ciri-ciri down syndrome, kali ini kita akan membahas mengenai karakteristik down syndrome. Secara umum hampir semua anak down syndrome akan mempunyai ciri-ciri fisik yang sama seperti yang sudah dibahas pada artikel yang lalu. Namun selain karakteristik fisik tersebut ada beberapa karakteristik lain yang muncul pada kondisi down syndrome.

Yang pertama karakteristik mental. Karakteristik mental pada kondisi anak dengan down syndrome adalah mempunyai kemampuan mental yang relatif rendah sehingga kesulitan besar mereka adalah pada pengolahan pembelajaran dan informasi yang tentu saja lebih lambat dibandingkan dengan anak-anak lain pada umumnya.

Secara umum karakteristik kognitif pada anak down syndrome adalah mereka lebih mudah untuk menyadari yang terjadi di sekelilingnya namun mempunyai hambatan mengekspresikan respon mereka.  Untuk mengatasinya, anak down syndrome seringkali harus didorong untuk belajar mengekpresikan respon mereka menggunakan cara lain seperti menggunakan warna, gambar atau media lain. Permasalahan terbesar adalah ketidakmampuan anak dengan down syndrome untuk mengekspresikan diri diartikan sebagai ketidakmampuan.

Selanjutnya adalah karakteristik medis. Seiring dengan karakteristik fisik yang sudah kita bahas pada artikel lalu, anak down syndrome juga mempunyai masalah dengan kondisi medis terutama gangguan pada saluran cerna, masalah pernafasan, leukemia dan cacat bawaan pada jantung.

Mempunyai anak dengan kondisi down syndrome tentu saja bukanlah hal yang mudah dan tentunya membutuhkan kesabaran ekstra dari orang tua maupun pendamping. Semoga dengan mengenali karakteristik yang terdapat pada anak down syndrome, dapat membantu orang tua maupun pendamping dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi anak down syndrome. Sebab, kendati secara fisik mereka berbeda dengan anak lainnya namun mereka juga membutuhkan kasih sayang yang sama dari orang-orang di sekitarnya.

Sumber gambar : https://asiawaitingchild.files.wordpress.com/2014/03/erin-june-to-july-2013-3761.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

  Subscribe  
Notify of