Pendidikan Bagi Anak Hiperaktif

Pendidikan Bagi Anak Hiperaktif

Pendidikan anak hiperaktifMeski dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk mengasuh anak hiperaktif, akan tetapi ayah dan bunda perlu tahu bahwa mengasuh anak hiperaktif tidak sesulit yang dibayangkan. Sebab, anak hiperaktif lebih mudah mengekspresikan dirinya dan mengutarakan hal-hal yang mereka inginkan.

Beberapa hal yang dapat ayah dan bunda lalukan dalam memberikan pendidikan bagi anak hiperaktif, antara lain sebagai berikut :

Pertama pastikan ayah dan bunda memberikan kegiatan tambahan bagi anak. Kegiatan tambahan yang positif dan sesuai dengan minat anak tentulah akan membawa pengaruh positif bagi perkembangannya. Variasi kegiatan juga membantunya menyalurkan kelebihan energi yang dimiliki dan mengalihkan perhatiannya ke hal-hal yang positif. Jenis kegiatan yang dapat ayah dan bunda coba adalah berbagai jenis olahraga seperti misalnya berenang, olah raga atletik ataupun berbagai kegiatan bermusik. Bermain drum diketahui dapat membantu anak untuk memfokuskan pikiran dan perhatiannya.

Kedua berusaha menanamkan dalam diri anak bahwa ada hal-hal yang tetap menuntutnya untuk mampu duduk dengan tenang seperti saat makan ataupun beberapa aktivitas lain yang membutuhkan sikap tenang. Tentu saja ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi penting bagi anda untuk membantunya menjadi anak yang tahu sopan santun sekaligus membantunya mengenali mana sikap yang baik dan tidak baik.

Ketiga yang bisa ayah dan bunda lakukan adalah bersikap tegas pada anak. Buah hati anda harus mengetahui bahwa ayah dan bunda tidak menyukai beberapa dari tingkah lakunya. Tetapi tentu saja tidak berarti ayah dan bunda harus memberi hukuman fisik pada mereka. Bersikaplah tegas tetapi yang paling penting tetap menunjukkan bahwa ayah dan bunda menyayanginya.

Keempat terapi anak hiperaktif juga akan sangat membantu kemajuan pendidikan mereka sehingga sangat penting untuk melanjutkan terapi yang telah diberikan. Satu hal yang harus diingat adalah jenis terapi yang efektif bagi anak hiperaktif mungkin saja berbeda satu anak dengan yang lain. Oleh karenanya ayah dan bunda harus selektif dalam mengenali dan memilih jenis terapi yang efektif bagi buah hati anda.

Demikian beberapa hal yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu kemajuan pendidikan bagi anak hiperaktif anda.

Sumber gambar : http://www.therapyserviceshouston.com/uploads/8/9/3/2/8932888/1439295904.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz