Ciri Anak Berkebutuhan Khusus Autis

Ciri Anak Berkebutuhan Khusus Autis

ciri-ciri anak autisMemiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan kebahagian bagi setiap keluarga. Akan tetapi tidak sedikit keluarga yang memiliki permasalahan serius terhadap perkembangan buah hati mereka dan salah satunya adalah kondisi autis. Autis atau autisme berasal dari kata autos yang memiliki arti diri sendiri dan isme yang berarti paham. Jika digabungkan autism berarti sebuah keadaan yang menyebabkan anak hanya mampu memfokuskan perhatian terhadap dunianya sendiri.

Ciri anak berkebutuhan khusus autis berbeda-beda pada setiap anak, namun pada umumnya mulai jelas terlihat ketika anak memasuki usia 3 tahun. Dalam beberapa kasus autis, seorang anak mungkin dapat berkembang secara normal sampai usia 18 – 24 bulan baru kemudian kehilangan kemampuan normalnya. Pada keluarga-keluarga yang tidak peka terhadap keadaan khusus tersebut, mereka cenderung akan salah mengartikan kondisi anak. Oleh karenanya ada baiknya jika kita sebagai orang tua mengenali ciri-ciri anak autis yang umumnya terjadi agar dapat memaksimalkan pertumbuhannya.

Pada umumnya ciri-ciri anak autis dapat dikenali dari tanda-tanda perilaku di bawah ini.

Menyukai Tindakan yang Berulang

Pada umumnya anak autis menyukai tindakan atau gerakan pasti yang berulang atau disebut juga gerakan stereotipik misalnya mengepak-ngepakkan tangan, bergoyang atau melompat-lompat. Hal ini disebabkan karena anak autis sangat menyukai rutinitas dan tidak mampu mentoleransi perubahan mendadak.

Perkembangan dan Pertumbuhan yang Tidak Seimbang

Perkembangan anak pada umumnya berjalan selaras dan seimbang dan berjalan bertahap. Tetapi berbeda dengan anak autis, mereka mempunyai kecenderungan untuk mengalami perkembangan secara pesat pada satu bagian saja dan terjadi keterlambatan pada bagian yang lain. Misalnya, jika seorang anak berkebutuhan khusus autis mengalami kemajuan yang pesat dalam kemampuan kognitifnya maka ia akan mengalami keterlambatan pada kemampuan bicaranya atau mengalami kemajuan pesat pada kemampuan motorik tetapi mengalami keterlambatan pada kemampuan kognitifnya.

Mengalami Gangguan Pada Kemampuan Sosialnya

Ciri-ciri anak autis dalam tingkatan gejala ringan tampak pada sikap canggung ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Mereka tidak mampu untuk terlibat dalam permainan yang harus dimainkan secara bersama-sama dan tampak terasing jika berada di tengah keramaian atau kerumunan orang. Anak berkebutuhan khusus autis biasanya juga mempunyai kecenderungan untuk menanyakan pertanyaan yang tidak sewajarnya ditanyakan oleh anak kebanyakan bahkan menyinggung orang lain. Pada penderita autis dalam tingkatan yang parah mereka bahkan tidak mampu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Mengalami Gangguan Verbal

Pada kebanyakan kasus, anak autis tidak menguasai kata apa pun sampai usia 16 bulan atau bahkan kehilangan kemampuan berbahasa. Pada kasus autis tingkatan ringan, jika si anak mampu berbicara akan ada perbedaan pada intonasinya. Anak autis cenderung mempunyai intonasi yang datar dan formal atau mengulang-ulang frasa tertentu yang sering juga disebut echolalia.

Mengalami Gangguan Indra

Pada kebanyakan kasus anak autis, mereka menjadi sangat sensitif pada sentuhan. Pada beberapa kasus mereka sangat merasa terganggu jika melakukan kontak fisik dengan orang lain walaupun tidak semua menunjukan ciri-ciri yang sama. Pada sebagian kasus yang lain, mereka sering dan senang memeluk orang yang dekat dengannya. Anak berkebutuhan khusus autis juga menjadi sangat sensitif pada bunyi-bunyian yang keras dan pada aroma tertentu sehingga anak autis suka mencium atau menjilat mainan atau benda-benda yang lain.

Seringkali ciri-ciri anak autis tidak nampak setelah anak tersebut memasuki sekolah Playgroup atau Taman Kanak-Kanak. Oleh karenanya, deteksi gejala autis pada anak usia dini akan sangat membantu orang tua untuk memaksimalkan perkembangan kemampuan pada anak autis. Tentu disini peran utama orang tua sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan buah hatinya.

Sumber gambar : http://bellacaledonia.org.uk/wp-content/uploads/2015/06/aut.jpg

Leave a Reply

2 Comments on "Ciri Anak Berkebutuhan Khusus Autis"

Notify of

Bapak/IBU…jika ada anggota keluarga yg mengalami autis, adhd, abk. Sekarang sdh ada produk herbal yg BS menyembuhkannya. Silahkan simak infonya di http://www.Facebook.com/otakdansaraf Smg bermanfaat

terima kasih mas Indrawan, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan :)

wpDiscuz