Tanda-Tanda Cerebral Palsy Pada Anak

Tanda-Tanda Cerebral Palsy Pada Anak

Ciri cerebral palsyCerebral palsy merupakan suatu keadaan yang ditandai oleh buruknya pengendalian kelakuan, otot, kelumpuhan serta gangguan fungsi saraf lainnya. Cerebral palsy atau CP terjadi pada 1-2 dari 1000 bayi yang terlahir didunia. Bayi yang menderita cerebral plsy lebih sering ditemukan pada seorang bayi yang terlahir prematur.

Bayi yang terlahir premature sangat rentan terhadap cerebral palsy, karena pembuluh darah pada bayi yang menuju ke otak belum berkembang dengan sempurna sehingga sangat mudah mengalami sebuah pendarahan. Sepertiga dari bayi yang menderita cerebral palsy biasanya dilahirkan sebelum usia kehamilan ibu menginjak 37 minggu dan sepuluh persennya lagi terjadi pada bayi yang lahir pada usia kehamilan sebelum 28 minggu.

Tanda-tanda bayi menderita cerebral palsy biasanya mulai tampak ketika bayi tersebut tidak menunjukkan perkembangan yang cukup sederhana seperti menggenggam, mengangkat kepala dan lain sebagainya. Berikut ini adalah tanda-tanda awal bayi menderita cerebral palsy.

  1. Bayi normal pada umumnya ketika diangkat dengan posisi menghadap ke bawah, biasanya posisi kepala dan punggungnya segaris. Sedngkan bayi yang menderita cerebral palsy akan terkulai ke bawah sehingga antara kepala bayi dan kaki sekan-akan membentuk huruf U.
  2. Adanya kelainan motorik yang bisa diketahui pada tahun pertama setelah proses kelahiran. Pada saat bayi terlahir biasanya tubuh terlihat lemah dan terkulai.
  3. Bayi yang lahir dengan =tanda-tanda kerusakan otak biasanya bayi tersebut akan kesulitan untuk bernafas, tubuh akan terkulai lemah serta tubuh terlihat seperti membiru, berbeda dengan bayi pada umumnya.
  4. Selama dalam masa tumbuh kembang bayi, seorang bayi dengan ciri-ciri cerebral palsy biasanya akan lambat menegakkan kepala, sulit duduk dan juga bergerak dibandingkan dengan bayi-bayi normal pada umumnya. Selain itu, bayi penderita cerebral palsy juga sangat jarang menggunakan kedua tangannya.
  5. Tubuh bayi dengan gangguan cerebral palsy cenderung kaku. Bayi dapat menangisa dalam jangka waktu yang lama atau sebaliknya bisa sangat diam dan bahkan hampir tidak pernah menangis maupun tersenyum.
  6. Bayi dengan gangguan cerebral palsy juga akan kesulitan dalam berkomunikasi, terlambat belajar berbicara atau bahkan kesulitan berbicara. Semua ini karena terdapat gangguan otot pada bayi. Cerebral palsy menyerang saraf motorik. Mengenai kecerdasan, mereka tidak ada bedanya dengan anak normal pada umumnya.
  7. Wajah bayi terlihat aneh, berbeda dengan wajah bayi pada umumnya. Itu semua disebabkan karena ada kelemahan pada otot wajah. Ada juga yang dengan tanda bayi mengeluarkan air liur secara terus menerus karena bayi tidak dapat mengontrol dan kesulitan untuk menelan.

Cerebral palsy sendiri bukanlah sebuah penyakit khusus, akan tetapi gangguan ini menyebabkan serangkaian gangguan pada gerakan. Kondisi bayi dengan gangguan cerebral palsy sangat bervariasi seperti yang telah dibahas di atas. Yang perlu dilakukan untuk setiap penderita adalah menjalani terapi setiap hari agar kondisi tidak semakin parah. Bayi dan anak-anak harus diajarkan bagaimana untuk bisa mengontrol dirinya. Ada beberapa cara yaitu dengan fisioterapi, terapi wicara, okupasi terapi dan terapi perilaku.

Sumber gambar : http://www.abclawcenters.com/wp-content/uploads/2014/11/original_hypotonia2.jpg

Leave a Reply

20 Comments on "Tanda-Tanda Cerebral Palsy Pada Anak"

Notify of
Fariz Kautasar Prabowo lahir 2 April 2015. Kelahirannya sulit terlilit tali pusar dan minum air ketuban, Kritis selama 2 minggu diperinatologi. pernah kejang waktu usia 2 hari. Umur 2 bulan sudah menunjukkan gejala CP dengan kekauan badannya. perkembangan tubuh normal, respon normal. tetapi belum bisa angkat kepala sampai usia 7 bulan. Tanggan belum bisa respon seperti bayi normal lainnya. CT scan menunjukkan ukuran otak kanan dan tengah dibawah standar normal. saat ini sedang menjalani terapi. berjalan 2 bulan terapi secara rutin alhamdulillah sekarang sudah bisa angkat kepala, kaku sudah berkurang dan sudah bisa tengkurap sendiri diusia 12 tahun. Menjadi ibu… Read more »

Selamat pagi Ibu Weni, terima kasih untuk sharing pengalamannya di bisamandiri.com
Kami sangat senang mendengar perkembangan Fariz saat ini. Berdasarkan pengalaman kami, semakin dini penanganan kondisi Cerebral Palsy akan semakin banyak hal yang dapat diusahakan untuk memaksimalkan kemandirian Fariz nantinya. Terapi rutin memanglah yang sangat dibutuhkan Fariz untuk mendukung perkembangan motoriknya. Tetaplah berusaha ibu, dengan dukungan dan kasih sayang ibu dan keluarga, kami yakin Fariz akan dapat menjadi anak yang mandiri :)

Davi ramsyah azvari ,lahir 08 agustus 2011 dgn kondisi hipoksia berat dan koma selama 2mgg…setlh sadar menjalani masa pemulihan dokter sudah wanti2 dgn keadaan anak sy yaitu cp…krn setlh sadar dlm masa pemulihan dr seluruh pemeriksaan ct scan eeg dan mri anak sy ternyta di diagnosa cp…dr usia 4 bulan bayi sudah teraphi dan alhamdulillah sekrg lg beljar berbicara…penuh kesabaran extra dan perjuangan yg lebih utk mengasuh dan merawat anak cp…

terima kasih untuk berbagi cerita di bisamandiri ibu Ai, kami sangat senang dan bangga dengan perkembangan Davi. deteksi dan penanganan sedini mungkin adalah langkah awal yang sangat baik untuk perkembangan buah hati ibu. semakin dini pengenalan akan kondisi buah hati maka akan semakin memaksimalkan kemandirian buah hati ibu nantinya. selalu semangat mengusahakan yang terbaik bagi davi ibu.. :)

Salsabila lhr 11 Septmbr 2013, umur 1,5 thn kejang tangan dan kaki kiri jd tdk bs digerakkan..dokter mnytkn CP..skrg sdg menjalani brbgai terapi..tak henti2 nya ku berdoa utk kesembhn anakku dg ush skuat kuatnya…salsa kau bidadari kecilku yg Allah SWT turunkan dr surga…perjuanganmu brt bsr skli nak…

ibu Rina, dengan terapi dan dukungan kuat dari keluarga, Salsabila nantinya juga pasti akan dapat memaksimalkan kemandiriannya., tetap berjuang ibu :)

Benar ibu, butuh kesabaran super dalam mengasuh anak CP, alhamdulillah sudah lebih dari 20 thn usia anak saya, kamu msh harus membantu untuk urusan mandi, bak dan bab. Berjalan, makan, berpakaian sederhana bisa dilakukan sendiri. Yang paling sulit adalah memberikan pengertian kepada adiknya perihal kondisi kakaknya, sulit untuk bisa diterima.
Tetep semangat bu Fitri, Allah SWT percaya kita mampu dititipi anak yang istimewa.

Terimakasih ibu Yuli untuk sharingnya,, kami senang sekali bisamandiri.com dapat menjadi tempat berbagai dan saling menguatkan,. tetap semangat ibu-ibu hebat! :)

Aqilah,lahir 23 juli 2013. Adalah anak penderita celebral palsy. Anak saya ini benar2 tidak menunjukan gejala2 aneh sblum sakit. 2 buln stlah lahir bhkan ia sudah bisa membalikan tubuh nya k kanan dan ke kiri. Tp saat pertama kejang,ia langsung koma slama 4 bulan. Setelah sadar dr koma,doktr mendiagnosa nya celebral palsy. Butuh kesabaran dan keikhlasan hati untk mengurusnya. Yang jelas dia adalah “anak istimewa yg turun dari syurga”. Saat ini serangkian terapi sedang d jalani,dan smoga terapi itu membuat anak saya bisa sembuh. Amin.. keinginan sederhana saya saat ini adalah,ingin mendengar anak saya memanggil saya “mamah” dngan tersenyum.

memang butuh kesabaran untuk mengasuh anak dengan Cerebral Palsy dan kami tidak pernah berhenti mengagumi ibu-ibu hebat yang selalu ada dibelakang putra putri mereka. Tetap mengusahakan yang terbaik ibu, percayalah ibu tidak sendiri :)

23 ,06,2014 ahmed ghazi jantung hati keluarga kami dilahirkan ,subhanallah tampan dan putih tetapi bilirubin ny abnormal sehingga hrs di rawat intensif .Awal kelahiran tdk menunjukkn ada ny perbedaan dr bayi” lain ,lalu sekitar 6 bln saya rasa ank kami terlalu diam /anteng tdk bicara dan menangis atau melakukan gerakan” layak ny bayi lain .kami periksakan k rmh sakit anak dan di diagnosa cp ,sedih luar biasa awal ny tetapi setelah kita ambil hikmah ny ini adalah ladang amal serta kesabaran buat kami dan alhmdullah setelah terapi +/- 9 blnn banyak perubahan yg kami rasakan .Semoga buat ayah/bunda yg di… Read more »

Selamat pagi bapak Adnan, terima kasih atas sharing pengalaman di bisamandiri.com
Kami sangat senang bapak Adnan dan keluarga tidak patah semangat karena kondisi putra bapak. langkah yang diambil oleh bapak pun juga sudah sangat tepat yaitu dengan berkonsultasi dan memberikan terapi yang untuk mendukung perkembangan buah hati bapak. Berdasarkan pengalaman kami, semakin awal seorang anak terdekteksi (kondisi Cerebral Palsinya) semakin banyak pula hal-hal yang dapat dikembangkan untuk memaksimalkan kemandiriannya. Tetap semangat, tetap tekun meneruskan terapi bagi buah hati bapak dan semoga pengalaman yang telah dibagikan disini dapat menjadi inspirasi bagi keluarga-keluarga yang lain :)