Tips Mendidik Dan Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus

Tips Mendidik Dan Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan untuk anak berkebutuhan khususTerkadang bagi sebagian orangtua, memiliki anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas membawa persoalan tersendiri khususnya dalam mendidik dan membesarkan mereka. Sebab, jika orang tua sedikit saja salah menerapkan pola asuh, maka masa depan anak berkebutuhan khusus tersebut bisa dipastikan akan hancur berantakan dan tidak terarah.

Berikut ini ada beberapa tips mendidik dan membesarkan anak berkebutuhan khusus yang dapat dijadikan pertimbangan oleh para orang tua yang memiliki buah hati dengan kekurangan tersebut.

1. Tunjukanlah rasa kasih sayang

Setiap anak yang terlahir ke dunia tanpa terkecuali pasti ingin merasakan sebuah kasih sayang dari orang tua mereka. Tidak hanya sekedar melalu perbuatan saja, akan tetapi seorang anak pasti juga ingin mendengarkan sebuah kata-kata atau ungkapan bahwa ayah dan ibu mereka benar-benar menyayangi dan mencintainya.

Jika anak berkebutuhan khusus sudah mendengar atau menerima sentuhan kasih sejak usia dini dari orang tuanya maka ketika usianya sudah beranjak dewasa maka anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas tidak kan mengalami krisi percaya diri. Ia tetap akan mudah bergaul dengan banyak orang dan menerima kekurangan yang ada pada dirinya.

2. Pupuk rasa percaya diri anak

Anda sebagai orang tua dan keluarga dekat dapat memupuk rasa percaya diri pada anak dengan cara menghormati apa yang menjadi kekurangan si anak. Hal ini akan membuat buah hati Anda tidak merasa minder dan malu, tetapi justru lebih percaya diri dengan kondisi dalam dirinya.

3. Gali potensi yang dimiliki

Meskipun dengan kekurangan dan segala keterbatasannya, tidak menutup kemungkinan seorang anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang bisa dikembangkan dan berpengaruh terhadap masa depannya nanti. Cobalah untuk selalu memperhatikan segala aktivitas yang sering dilakukan oleh buah hati Anda dan minatnya pada sesuatu. Hal ini tentu saja bisa menjadi petunjuk yang bagus bagi Anda selaku orang tua dalam menggali potensi pada anak. Banyak anak yang mempunyai keterbatasan fisik atau non fisik, tetapi mereka mempunyai prestasi yang membanggakan seperti halnya anak normal.

4. Beri kesempatan pada anak untuk melakukan kegiatan bermanfaat

Banyak sekali kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan anak sesuai dengan kemampuan dan juga minatnya, misalnya saja membaca, membuat kerajinan tangan, berkebun, kegiatan sosial, olahraga dan masih banyak lagi lainnya. Dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat tersebut, harapan orang tua adalah anak akan menemukan banyak aktivitas menyenagkan bagi dirinya sendiri atau justru bermanfaat juga untuk orang lain. Hal ini juga akan membuat anak berkebutuhan khusus belajar menghargai dirinya sendiri.

5. Jangan pernah membedakannya dengan saudara yang lain

Perlakukan setiap anak dengan sama dan seadil-adilnya tanpa membedakan dengan saudaranya yang lain meskipun salah satu anak Anda adalah anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas dengan kekurangannya. Perikan kasih sayang, perhatian dan perlakuan yang sama dengan anak lain yang terlahir normal dan jangan pernah sekalipun menganggap remeh anak disabilitas karena bisa merusak harga diri dan juga menjal anak.

Itulah beberapa tips mendidik dan membesarkan anak berkebutuhan khusus yang bisa dilakukan oleh orang tua. Selalu ingatlah untuk jangan terlalu larut dalam kesedihan. Bersyukurlah kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://sinarharapan.co/foto_berita/84anakkhusus.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz