Perawatan Gigi Dan Mulut Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Perawatan Gigi Dan Mulut Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Perawatan gigiMasalah pada gigi dan mulut yang sering dialami pada anak berkebutuhan khusus sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang terjadi pada anak-anak normal umunya. Masalah gigi dan mulut yang sering terjadi tersebut diantaranya adalah gigi berlubang dan radang pada gusi. Namun, dengan keterbatasan fisik, mental dan motorik pada anak berkebutuhan khusus menyebabkan mereka lebih beresiko terkena penyakit gigi.

Selain masalah gigi dan mulut yang umum terjadi, ada juga masalah spesifik pada anak berkebutuhan khusus yang berhubungan dengan kelainan atau gangguan fisikny. Misalnya saja anak berkebutuhan khusus mengalami kelainan darah yang biasanya gusi akan mudah berdarah, anak penyandang cerebral palsy juga sering memiliki masalah gigi yang berjejal.

Penanganan untuk masalah gigi dan mulut yang terjadi pada anak berkebutuhan khusu membutuhkan perawatan yang ekstra dan relatif lebih kompleks jika dibandingkan dengan anak-anak normal pada umumnya. Mengetahui resiko serta pengaruh yang kurang baik bagi anak berkebutuhan khusus, maka penting bagi para orang tua untuk mencegah masalah tersebut dengan merawat gigi dan mulut secara rutin. Berikut ini adalah perawatan gigi yang dapat dilakukan pada anak berkebutuhan khusus :

Perawatan preventif

Perawatan preventif adalah tindakan pencegahan untuk penyakit gigi dan mulut yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus.

  1. Pemberian fluor. Pemberian fluor untuk anak berkebutuhan khusus bisa diberikan secara topikal atau sistematik dalam bentuk gel.
  2. Kontrol plak dengan cara menyikat gigi secara tepat, mengatur pola makan serta penggunaan obat kumur. Pada anak berkebutuhan khusus yang juga mengalami gangguan fungsi otot pengunyahan biasanya sisa-sisa dari makanan yang mereka makan masih terkumpul disekitar giginya. Untuk membersihkan sisa makanan yang terkumpul tersebut, anak berkebutuhan khusus dapat diberikan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Obat kumur tersebut selain berfungsi membersihkan sisa makanan pada gigi juga berfungsi sebagai antiseptik. Pemberian antiseptik yang berbentuk gel juga bisa diberikan secara rutin pada anak berkebutuhan khusus.
  3. Pembersihan karang gigi.
  4. Penutupan fissure sealant dan pit. Sealant merupakan bahan tambal cair yang digunakan untuk mengisi alur-alur yang terdapat pada permukaan gigi geraham yang dalam sehingga sealant tersebut bisa mencegah partikel makanan masuk ke dalam. Penutupan fissure sealant dan pit tersebut sangat efektif untuk mencegah terjadinya gigi berlubang.

Perawatan kuratif dan rehabilitatif

Penambalan maupun pencabutan gigi untuk anak berkebutuhan khusus atau anak normal pada dasarnya adalah sama, namun jika disertai dengan adanya kelainan sitematik pada anak maka cara penanganan yang dilakukan pun akan berbeda secara multidisipliner dengan dokter anestesia dan dokter anak. Kesuksesan perawatan gigi pada anak berkebutuhan khusus ini juga sangat dipengaruhi oleh kerjasama antara terapi wicara dan ahli gizi. Penggunaan alat orthodonsi juga bisa dilakukan pada anak berkebutuhan khusus melalui pertimbangan yang tepat.

Agar perawatan gigi pada anak berkebutuhan khusus dapat tercapai dengan baik maka diperlukan komunikasi dan juga kerjasama yang baik antara orang tua dengan dokter gigi khususnya dokter gigi anak.

Sumber gambar : http://images.detik.com/content/2013/03/18/1301/182846_toothpaste.jpg

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of