Cara Mendidik Anak Autis Agar Berprestasi

Cara Mendidik Anak Autis Agar Berprestasi

Pendidikan bagi anak autisAutis dapat terjadi pada anak sejak lahir atau pada masa tumbuh kembang balita yang disebabkan karena adanya gangguan pada sistem saraf anak. Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa anak autisme bisa dideteksi sejak dini, yaitu sejak bayi berusia 6 bulan dengan menunjukkan ciri-ciri seperti tidak mau tersenyum, kesulitan dalam bereaksi saat dipanggil namanya, bahkan anak cenderung lebih temperamen di usia yang masih bayi.

Perkembangan anak yang mengalami autis juga akan semakin terasa pada saat usia anak memasuki satu tahun dimana anak mengalami gangguan berbahasa dan juga berkomunikasi . Kemampuan dalam bahasa tubuhnya juga sangat terbatas bahkan kurang jika dibandingkan dengan anak normal pada umumnya.

Namun, meskipun demikian bukan berarti orangtua tidak memberikan pendidikan serta pengawasan terhadapa anak autis. Justru anak yang memiliki kekurangan seperti autis perlu mempunyai sebuah prestasi yang membanggakan untuk meningkatkan rasa percaya dirinya, tentunya tanpa terlepas dari peran orangtua dan juga lingkungan.

Jadi bukan hal yang mustahil menjadikan anak autis sebagai anak yang memiliki prestasi membanggakan. Berikut ini adalah beberapa cara mendidik anak autis agar berprestasi.

  1. Perhatikan kesehatan anak

Untuk bisa menjalankan proses belajar dengan baik, anak harus sedang dalam keadaan yang sehat. Perhatikan kesehatan anak dengan baik agar semua aktifitas belajar mereka tidak terganggu dengan sakit yang diderita oleh anak. Secara psikologis orangtua akan merasa lebih tenang jika anak kita dalam kondisi sehat sehingga secara tidak langsung suasana dan kondisi lingkungan keluarga juga turut mendukung keberhasilan anak dalam belajar.

  1. Memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal

Memberikan lingkungan tempat tinggal yang terbaik bagi anak autis merupakan salah satu hal terpenting dalam meningkatkan kepercayaan diri anak dalam meraih sebuah kemampuannya. Bekali juga anak dengan faktor penting seperti dalam hal keagamaan yang ditanamkan sejak dini, serta faktor keluarga yang sangat berperan karena anak autis sangat membutuhkan pengawasan serta perhatian yang lebih dalam mendidiknya dibandingkan dengan anak normal biasanya.

Bangun komunikasi yang baik dengan anak sehingga Anda bisa bersikap tegas dan disiplin terhadapnya. Setelah itu barulah faktor sekolah dimana sekolah merupakan salah satu tempat yang menjadi penentu bagi perkembangan anak. Memilih sekolah sesuai dengan kualitas yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anak akan membuka peluang yang sangat besar untuk menjadikan anak lebih berprestasi. Meskipun demikian, lingkungan keluarga, sosial dan lingkungan sekolah merupakan motivasi untuk anak autis berprestasi.

  1. Perhatikan bakat anak

Bakat yang terdapat pada anak autis tidak datang dengan sendirinya melainkan orangtualah yang bisa memberikan pilihan kemudian mengenalkannya kepada anak. Ikubt sertakan anak dalam tes inat dan bakat sebagai salah satu cara dalam menemukan bakat anak. Setelah orangtua menemukan bakat anak, maka tugas orangtua tinggallah mengarahkan anak ke sekolah atau sanggar yang bisa mengembangkan bakat anak.

  1. Perhatikan pemilihan pendidikan yang tepat

Bagi anak autis, pendidikan dapat dipilihkan oleh orangtua antara pendidikan yang bersifat vocation yaitu pendidikan tidak ideal bagi anak berkebutuhan khusus. Biasanya anak autis mempunyai IQ dan EQ yang tidak seimbang sehingga mereka membutuhkan dukungan dalam pendidikannya. Baik pendidikan formal ataupun autis dapat diberikan secara bersama-sama.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan para orangtua agar anak autis mampu menjadi anak yang berprestasi seperti halnya anak-anka lainnya. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://www.sesawi.net/wp-content/uploads/2012/09/disable_thespecialneedspare2.jpg

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of