Alat Penyangga Leher (Cervical Collar)

Alat Penyangga Leher (Cervical Collar)

Cervical collarYang dimaksud dengan cervical collar (alat penyangga leher) adalah perangkat medis ortopedi biasa digunakan untuk menyangga atau menopang leher dan kepala pasien. Alat ini juga bisa digunakan pada pasien Cerebral Palsy maupun korban trauma kepala atau cedera leher untuk mengobati kondisi medis yang kronis.

Tujuan  penggunaan cervical collar

  1. Mengurangi pergerakan leher yang berlebihan selama proses pemulihan
  2. Mencegah pergerakan tulang servik yang patah
  3. Mencegah bertambahnya cedera tulang belakang
  4. Mengurangi rasa sakit

Indikasi

Cervical collar umumnya digunakan untuk untuk semua umur, terutama pada pasien Cerebral Palsy, pasien dengan trauma kepala yang disertai penurunan kesadaran, pasien yang mengalami trauma leher, serta pasien yang menderita patah tulang servik.

Cervical collar dipasangkan pada pasien 1 kali pemasangan, sebab penggunaan ulang cervical collar sebenarnya tidak sesuai dengan standar kesehatan dan protap.

Penyangga leher

Fungsi alat penyangga leher (Cervical Collar)

Pada pasien Cerebral Palsy,cervical collar ini berfungsi sebagai alat terapi leher untuk mengurangi gangguan pada bagian kontrol leher. Dengan begitu, pasien mampu menyangga leher dan kepala agar tidak mendongak ke belakang maupun ke depan. Pada anak Cerebral Palsy, cervical collar disarankan untuk dikenakan pada saat anak beraktivitas seperti misalnya bermain ataupun sekolah.

Sedangkan pada pasien yang mengalami luka trauma pada kepala atau leher yang dimungkinkan memiliki resiko tinggi untuk cedera tulang belakang, cervical collar berfungsi sebagai pelindung leher untuk mengurangi pergerakan tulang servik yang patah, serta bisa juga sebagai alat terapi untuk menyetel kembali sumsum tulang belakang yang dimungkinkan cedera sehingga rasa sakit yang diderita pasien bisa berkurang. Bila tidak ditangani dengan tepat dan cepat, cedera ini dapat diperburuk oleh gerakan pasien yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kematian.

Prosedur pemasangan alat penyangga leher (Cervical Collar)

  1. Pastikan bila sebelumnya petugas telah menggunakan masker dan sarung tangan
  2. Pegang kepala pasien dengan cara satu tangan memegang bagian kanan kepala mulai dari mandibula (rahang bawah) ke arah temporal, demikian juga untuk bagian sebelah kiri dengan tangan yang lain dengan cara yang sama.
  3. Selanjutnya masukkan cervical collar yang bertekuk tepat pada dagu secara perlahan.
  4. Letakkan bagian belakang cervical collar ke leher belakang hingga sedikit melewati leher.
  5. Rekatkan kedua sisi cervical collar satu sama lain

Hal-hal yang perlu diperhatikan 

  1. Pemasangan jangan terlalu kuat atau terlalu longgar.
  2. Sesuaikan cervical collar dengan ukuran leher pasien (ukuran dari S, M, L, XL).
  3. Untuk tim medis, sebaiknya catat seluruh tindakan yang dilakukan dan bagaimana respon dari pasien.

Informasi Produk Alat Penyangga Leher

Email : bisamandiri@gmail.com
Telpon : 0274-3000 422

Sumber gambar : 
1. http://lifehealthcare.com.au/wp-content/uploads/Baby.jpg
2. http://img.medicalexpo.com/images_me/photo-g/philadelphia-cervical-collar-tracheostomy-chin-rest-c4-74948-4138113.jpg

Leave a Reply

4 Comments on "Alat Penyangga Leher (Cervical Collar)"

Notify of
Saat ini saya dinyatakan terkena saraf kejepit dan pengapuran di Cervical. Diharuskan menggunakan Cervical Collar. Saya sdh pernah pakai yg merk actimove ukuran S. Utk lingkar leher pas. Tapi utk tingginya tidak menyangga sama sekali kepala saya. Shg tidak ada perubahan sama sekali. Apakah setiap merk itu berbeda tinggi dan ukuran lingkar Leher? Lalu kriteria yg bagaimanakah yg seharusnya sesuai?? Apakah sekedar menyangga atau terasa ada rasa seperti ditarik dibagian leher khususnya tulang leher atau bagaimana? Bagaimana cara mengukur tinggi yg pas utk bisa menentukan ukuran yg pas agar kita nyaman dan lekas pulih? Lalu bagus yg bagian dagunya melengkung… Read more »
Selamat pagi ibu Wening, Terima kasih untuk pertanyaan dan sharingnya lewat bisamandiri.com. Mengenai pertanyaan yang diajukan ibu tentang merk, memang setiap merk memiliki fleksibiltitas dan ukuran yang sedikit berbeda satu dengan yang lain. Sementara pengukurannya sendiri harus melalui proses pengukuran untuk mendapatkan kenyamanan dan ketepatan sehingga secara fungsional alat tersebut dapat mempunyai fiksasi yang cukup. Proses fitting alat dan evaluasi minimal setelah penggunaan 3 minggu juga sehingga dapat diketahui apakah alat tersebut dapat berfungsi dengan baik untuk mengkoreksi maupun mereposisi tulang cervical. Cervical collar yang baik adalah yang bentuknya dapat mengikuti struktur anatomi leher dan dagu. Oleh karenanya klien dianjurkan… Read more »

Harga gips leher untuk anak berapa ya???

Selamat pagi ibu Nurie, Terimakasih untuk pertanyaan yang diajukan melalui bisamandiri.com. Sebelum membahas mengenai harga ada baiknya jika kita mulai dari penjelasan mengenai apa yang oleh ibu disebut gips leher. Gips leher atau lebih sering disebut penyangga leher dan biasa disebut cervical collar berfungsi untuk mennyangga tulang leher yang lemah. Ada 2 macam material yang digunakan untuk pembuatan collar yaitu dari spons dan hard collar yang terbuat dari poly etelin. Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta memproduksi kedua alat bantu tersebut dengan harga 110.400 untuk collar lunak terbuat dari spons dan 516.400 untuk hard collar yang terbuat dari poly etelin. Semoga penjelasan… Read more »
wpDiscuz