Tunanetra, Ketahui Penyebabnya Dari Sekarang

Tunanetra, Ketahui Penyebabnya Dari Sekarang

Penyebab tunanetraGangguan yang terjadi pada indra penglihatannya, membuat para penyandang tunanetra tak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan normal. Berdasarkan tingkat gangguan yang terjadi,  tunanetra dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu buta total (total blind) dan yang masih mempunyai sisa penglihatan (Low Vision).

Meski dengan alat bantu seperti tongkat atau kacamata hitam bisa membantu pasien tunanetra untuk meringankan gangguan mata yang mereka alami. Namun para penyandang tunanetra juga dituntut untuk bisa memaksimalkan fungsi indra lainnya agar bisa menggantikan peran indra penglihatannya yang terganggu. Contohnya saja seperti indra peraba, penciuman, pendengaran, dan lain sebagainya sehingga pasien tunanetra masih bisa beraktivitas secara mandiri meski ditengah kegelapan yang mereka alami.

Nah, untuk mencegah terjadinya gangguan pada indra penglihatan. Berikut ini kami informasikan beberapa faktor penyebab yang memicu terjadinya gangguan atau kecacatan pada organ mata.

Penyebab tunanetra di masa kehamilan

  1. Tunanetra bisa terjadi akibat penyakit campak Jerman yang menyerang ibu hamil (terutama saat kandungan berusia 1-3 bulan).
  2. Tunanetra juga bisa terjadi akibat penyakit Syphilis yang terjadi pada ibu hamil. Biasanya bayi yang ada dalam kandungan kemungkinan besar akan terlahir dengan kondisi tunanetra.
  3. Tunanetra juga bisa terjadi akibat kecelakaan, keracunan obat-obatan zat kimia, sinar laser, atau kebiasaan mengkonsumsi alkohol ketika hamil. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan janin khususnya pada bagian mata.
  4. Infeksi virus Rubella atau toxoplasmosis pada ibu hamil juga bisa menyebabkan kecacatan pada bayi yang akan dilahirkan.
  5. Tunanetra juga bisa disebabkan oleh malnutrisi berat di tahap embrional masuk minggu ke 3 sampai ke 8.

Penyebab tunanetra di masa kelahiran

  1. Kerusakan mata atau syaraf mata pada bayi bisa terjadi akibat proses kelahiran yang sulit, sehingga bayi harus keluar dengan bantuan alat vakum.
  2. Penyebab tunanetra juga bisa terjadi ketika sang ibu menderita penyakit gonorrchoe sehingga kuman gonococcus (GO) bisa menular pada bayi saat proses kelahiran.
  3. Retrolenta Fibroplasia dimungkinkan menjadi salah satu penyebab tunanetra. Sebab, bayi lahir sebelum waktunya dan mendapatkan konsentrasi oksigen yang tinggi selama di dalam inkubator.

Penyebab tunanetra di masa pertumbuhan

  1. Gangguan penglihatan juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin A.
  2. Diabetes militus juga bisa menyebabkan kelainan pada retina.
  3. Darah tinggi ternyata juga bisa membuat pandangan rangkap atau kabur.
  4. Serangan stroke memicu kerusakan pada syaraf mata.
  5. Radang kantung air mata, radang kelenjar kelopak mata, hemangiona, retinoblastoma, serta efek obat atau zat kimiawi juga bisa menjadi pemicu kerusakan pada indra penglihatan.
Sumber gambar : http://ads2.kompas.com/layer/canonphotocompetition/assets/upload/1336108449.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz