Teknik Terapi Pada Anak Cerebral Palsy

Teknik Terapi Pada Anak Cerebral Palsy

Terapi Cerebral PalsyMeski Cerebral Palsy (CP) merupakan gangguan otak yang tak bisa disembuhkan, namun ada beberapa teknik terapi yang bisa membantu pasien Cerebral Palsy (CP) untuk bisa mencapai kemandirian dan bisa menjalankan kehidupannya dengan normal.

Nah, agar tak penasaran berikut ini kami informasikan beberapa teknik terapi yang bisa diaplikasikan pada anak Cerebral Palsy (CP).

Terapi Manipulasi

Terapi Cerebral Palsy (CP) yang satu ini dimulai dari stretching atau penguluran badan untuk menghindari pemendekan otot atau jaringan. Kemudian dilanjutkan traksi manual untuk relaksasi dan peregangan otot dan sendi. Dan terakhir yaitu message atau pemijatan untuk relaksasi, membebaskan perlengketan dan memperlancar sirkulasi darah.

Terapi Latihan

Terapi latihan meliputi terapi mobilisasi untuk melatih gerakan dari bagian tubuh baik aktif maupun pasif. Latihan keseimbangan untuk menstabilkan gerakan dan tubuh pada posisi spesifik, latihan koordinasi untuk melatih konsentrasi sehingga gerakan yang dihasilkan lebih terkoordinasi, latihan ambulasi agar bisa bergerak dengan atau tanpa alat bantu, dan yang terakhir latihan bobath untuk mencegah kekakukan (inhibisi), memudahkan terciptanya satu gerakan (fascilitasi), serta menciptakan rangsangan-rangsangan (stimulasi).

Terapi Dengan Air (Hydro Terapi)

Hydro terapi merupakan terapi Cerebral Palsy (CP) dengan menggunakan zat cair serta gas. Dalam pelaksanaannya, terapi ini menggunakan terapi termal, khemis, mekanik, serta tekanan dari zat tersebut. Misalnya saja seperti parafin, kompres es, pool hubard tank, dan lain sebagainya.

Terapi Dengan Sinar (Aktino Terapi)

Terapi ini memanfaatkan cahaya dengan panjang gelombang 7. 700-4 juta a (infra merah), 100 mm-38nm ( ultra violet ), cahaya laser dari remisi he serta ne dengan spektrum 6, 328a.

Terapi Dengan Nada (Ultrasonik Terapi)

Terapi ini memanfaatkan frekuensi 0, 7 mhz-3mhz yang dipakai sebagai ultra sound terapi.

Terapi Listrik

Dalam terapi ini, arus yang dipakai dalam terapi yaitu arus frekuensi rendah seperti micro wave diathermy, short wave diathermy serta arus frekuensi tinggi seperti misalnya faradisasi, arus, tenis, arus interferensi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sumber gambar : http://www.helpyourautisticchildblog.com/wp-content/uploads/2008/12/autism.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of