Suratman, Difabel yang Berhasil Bekerja di Carrefour

Suratman, Difabel yang Berhasil Bekerja di Carrefour

Suratman, Difabel yang Berhasil Bekerja di Carrefour

Meski memiliki perbedaan fisik sejak lahir yakni pada bagian kaki sebelah kanan dan kedua tangannya, namun Suratman berhasil lolos seleksi Job Fair dan kini bekerja sebagai kasir di Carrefour, Maguwo, Yogyakarta. Suratman yang kini berumur 27 tahun ini tak pernah minder dengan kekurangannya dan sudah sejak pertengahan tahun 2012 silam bekerja di Carrefour Yogyakarta.

Terlahir dari keluarga sederhana, Ratman tak pernah mengeluh dengan kondisi yang Ia hadapi. Bahkan di tahun 2006 silam, sang ayah yang menjadi tulang punggung keluarga harus kembali ke pangkuan Sang Kuasa akibat bencana gempa yang melanda Yogyakarta. “Awalnya saya memang sempat minder ketika duduk di bangku SLTP, namun rasa minder itu hilang ketika saya mendapatkan semangat dan dukungan dari Ibu saya,” ungkapnya dengan bangga.

Suratman mendapatkan informasi lowongan kerja di Carrefour dari event Job Fair yang khusus dibuka bagi penyandang disabilitas yang diselenggarakan oleh YAKKUM. “Saya mendapatkan sms dari teman katanya YAKKUM mengadakan Job Fair untuk kaum difabel, dan saya mencoba melamar disitu dan selama 3 hari dipanggil untuk interview dan training dua hari,” kenang Ratman.

Kesulitan yang Ia hadapi ketika pertama kali bekerja di Carrefour yaitu belum bisa mengoperasikan mesin kasir. “Dulu saya masih awam dan belum begitu tahu bagaimana caranya menggunakan mesin kasir, namun saya terus disiplin dan mentaati tata tertib yang berlaku di Carrefour hingga akhirnya keterima bekerja sebagai kasir di Carrefour,” tuturnya kepada Bisamandiri.com.

Bagi teman-teman sesama difabel di luar sana, Ratman berpesan agar terus semangat, tatap masa depan dan jangan cepat menyerah!

Leave a Reply

1 Comment on "Suratman, Difabel yang Berhasil Bekerja di Carrefour"

Notify of

Selamat dan Sukses