Sukses Berbisnis Kerupuk Meski Bermodalkan Keterbatasan

Sukses Berbisnis Kerupuk Meski Bermodalkan Keterbatasan

Pengusaha Sukses di Bisnis KerupukTerlahir dengan kondisi fisik yang tak sempurna, ternyata tak menyurutkan semangat Sidik untuk terus berkarya. Meski dilahirkan tanpa memiliki sepasang kaki, enam dari sepuluh bersaudara ini tak mau menggantungkan hidupnya dari belas kasian orang lain namun Ia mampu berkarya menciptakan peluang usaha.

Bertempat di rumah kecilnya yang berlokasi di daerah Bogor, Sidik yang kini telah menikah dan memiliki tiga orang putri ini setiap harinya memproduksi sekitar 100 bungkus kerupuk berbahan dasar singkong. Kendati usaha ini dirintis dengan modal 1 juta rupiah yang Ia peroleh dari sumbangan Pemda DKI, namun dengan penuh ketelatenan Sidik memproduksi kerupuk singkong hingga kini Ia bisa mengantongi untung sekitar Rp 1 – 2 juta per bulan.

Awalnya tak mudah bagi Sidik untuk merintis bisnis kerupuk singkong tersebut. Di awal merintis karirnya, dalam sebulan Ia hanya bisa menghabiskan bahan baku singkong paling banyak 10 kilogram. Namun, kondisi ini tak membuat Sidik patah semangat dalam mengembangkan usahanya.

Sukses Berbisnis KerupukDibantu sang istri (Siti Rahmah), semua pekerjaan dari mulai produksi hingga promosi dikerjakan oleh Sidik hingga kini usaha kerupuk singkong yang diberi merek Cap Gurame ini sedikitnya bisa mengolah bahan baku sekitar 50 hingga 100 kilogram singkong setiap bulannya.

Bahkan dengan kondisi yang serba terbatas, Sidik tak ragu-ragu untuk keluar masuk toko, warung, hingga koperasi di beberapa perkantoran dari satu kampung ke kampung yang lain untuk memasarkan produk kerupuk singkong yang Ia produksi.

Dari bisnis kerupuk singkong yang Ia jalankan , Sidik mangaku bisa memenuhi segala kebutuhan keluaganya dan yang terpenting meskipun memiliki keterbatasan fisik namun lelaki berkacamata ini tak mau mengharapkan belas kasihan orang lain dan bisa hidup mandiri layaknya orang normal lainnya.

Sumber gambar : 
1. http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_1638_1370004004.jpg
2. http://www.satuharapan.com/uploads/pics/news_1638_1370004077.jpg

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of