Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Celebral Palsy

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Celebral Palsy

Memang bukan perkara mudah untuk bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Cerebral Palsy (CP). Terlepas dari segala keterbatasan yang mereka miliki, tentu anak Cerebral Palsy (CP) juga memiliki karakter yang berbeda-beda serta mood (suasana hati) yang naik turun. Ada beberapa diantara mereka yang bisa menjalani kehidupannya layaknya orang normal, namun ada pula sebagian lainnya yang merasa minder karena merasa berbeda dari orang-orang di sekitarnya.

Menumbuhkan Rasa Percaya DiriKondisi ini memang tidak salah, namun sebagai orangtua tentunya kita harus bisa mulai menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Cerebral Palsy agar mereka bisa mengetahui nilai lebih yang terdapat pada dirinya sehingga bisa memaksimalkan potensi yang mereka miliki.

Percaya diri pada anak diukur dari sejauh mana mereka mampu mengetahui nilai dirinya sendiri. Tumbuhnya rasa percaya diri pada anak sangat penting karena rasa percaya diri itulah yang bisa menentukan apakah kita merasa dibutuhkan dan dicintai orang lain. Rasa percaya diri yang rendah hanya akan membuat anak murung, takut, sedih, dan cenderung malu untuk mencoba hal-hal baru sehingga tak jarang perasaan tersebut bahkan membuat anak Cerebral Palsy (CP) depresi.

Nah, untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Cerebral Palsy (CP) berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa mendorong rasa percaya diri pada seorang anak.

Jangan sungkan untuk memberikan pujian ketika anak berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Berikan ucapan selamat atas keberhasilan mereka, bila perlu berikan bingkisan kecil untuk memotivasi mereka untuk berusaha lebih giat lagi.

Buatlah daftar keunggulan yang mereka miliki. Misalnya seperti prestasi atas pencapaian talenta atau keahlian yang mereka miliki baik dalam bidang olahraga, skill melukis, main musik, dalam pendidikan matematika, dan lain sebagainya. Ketika kemampuan dan pencapaian mereka diakui orang lain, biasanya anak Cerebral Palsy (CP) akan merasa lebih baik dibandingkan orang-orang lainnya.

Libatkan orang-orang di sekitarnya untu memberikan sumber semangat dan dukungan baik moril maupun materiil sehingga anak Cerebral Palsy tetap mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang di sekitarnya. Salah satu motivasi terbesar yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Cerebral Palsy (CP) yaitu adanya dukungan penuh dari orang-orang di sekitarnya. Semakin sering mereka mendapatkan dukungan, maka semakin besar pula rasa percaya diri yang dimiliki anak Cerebral Palsy (CP).

Jangan sampai pendapat negatif mempengaruhi suasana hati pada penderita Cerebral Palsy (CP). Tak semua orang memberikan dukungan pada anak Cerebral Palsy (CP),  bahkan beberapa cibiran orang mampu membuat semangat mereka berkurang sehingga mereka merasa kurang berharga atau tak berguna di mata orang lain.

Menghindarkan anak Cerebral Palsy (CP) dari diskriminasi publik. Ketika terjun di kehidupan normal, tentu tak jarang kita menemukan pasien Cerebral Palsy yang mendapatkan sikap kurang menyenangkan yaitu diskriminasi dari orang-orang di sekitarnya. Meski mereka berbeda, namun bukan berarti kita bisa memandangnya sebelah mata karena anak Cerebral Palsy (CP) juga memiliki hak yang sama untuk bisa hidup normal seperti orang-orang lainnya.

Jadi, sebagai orangtua berikan kebebasan pada anak untuk bisa mengoptimalkan potensi yang mereka miliki serta berikan dukungan penuh kepada anak Cerebral Palsy (CP) agar mereka tak merasa sendiri.

Sumber gambar : http://id.theasianparent.com/wp-content/gallery/menumbuhkan-rasa-percaya-diri-balita/shutterstock_69066298-e1361509224810.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

  Subscribe  
Notify of