Mengajak Anak Cerebral Palsy Untuk Belajar Membaca

Mengajak Anak Cerebral Palsy Untuk Belajar Membaca

Akibat adanya gangguan kelumpuhan pada otak, sebagian anak Cerebral palsy harus rela mengalami berbagai kendala dalam beragam fungsi tubuhnya. Salah satunya saja seperti terkendala untuk bergerak, berjalan, hingga kesulitan untuk berkomunikasi seperti layaknya orang normal lainnya.

Anak Belajar MembacaMeski kondisi ini cukup membatasi ruang gerak mereka untuk bisa menjalani hidupnya secara normal, namun sebagai orangtua Anda bisa mengajarkan cara membaca pada anak Cerebral Palsy (CP) agar pendidikan mereka tak tertinggal dari anak-anak lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengajak anak Cerebral Palsy (CP) belajar membaca sejak dini.

  1. Lakukan latihan pernapasan sebelum saat mulai belajar membaca. Pertama, posisikan anak duduk tegak sehingga hawa dapat masuk ke paru-parunya. Selanjutnya letakkan tangan Anda di perut atau di atas tulang rusuk anak. Ajak anak untuk menghirup serta membuang hawa ontraksikan otot-otot sehingga anak lebih rileks serta tidak gugup.
  2. Ketika mengajarkan teknik-teknik pernapasan tersebut, sebaiknya mintalah anak untuk menutup matanya serta ajak mereka untuk memikirkan hal-hal yang indah. Langkah ini akan menolong anak untuk lebih rileks serta mencegah anak untuk terlalu fokus pada latihan ini.
  3. Mulailah untuk menempatkan beberapa benda di depan anak serta ulangilah nama-nama benda tersebut dengan perlahan sehingga otak anak mulai bisa menerima dan mengingat nama-nama benda tersebut. Ulangilah latihan ini sekurang-kurangnya empat kali dengan perlahan. Dengan begitu, anak Cerebral Palsy (CP) bisa mengingat nama benda dan bentuknya.
  4. Bersamaan dengan memperlihatkan objek/ benda, tuliskan sebuah kata sehingga anak juga bisa mengidentifikasi catatan dengan objeknya. Langkah ini bisa dilakukan untuk memberikan stimulasi lebih ke otak anak, ucapkan kalimat tersebut dengan perlahan untuk memudahkan anak mengingat kata yang disampaikan.
  5. Bila anak sudah familiar dengan kata, maka selanjutnya gunakan kalimat serta benda-benda yang bisa dipakai di dalam kata-kata. Latihan pengulangan kata serta benda ini perlu dilakukan secara rutin karena untuk mengingat sebagian dari kata serta benda dibutuhkan kurun waktu sekurang-kurangnya dua minggu.
  6. Bila perlu belilah buku yang Anda rasa cukup memudahkan anak untuk menghafal benda dan kalimat-kalimat tertentu.
  7. Ulangi beberapa langkah di atas. Bila anak telah mengingat nama-nama benda, maka Anda bisa memadukan kalimat dengan berbarengan untuk membentuk beberapa kalimat. Bacakan pula buku secara perlahan-lahan setiap harinya pada anak, sekurang-kurangnya dua minggu. Langkah ini bisa Anda lakukan untuk memperbanyak kosa kata yang dihafal oleh anak.
  8. Ulangilah langkah di atas, namun kini giliran Anda untuk meminta anak untuk mengulang kalimat sesudah Anda. Langkah ini dapat merangsang otak anak serta mendorong mereka untuk ingin belajar membaca.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Sumber gambar : http://www.ayahbunda.co.id/support/image.content/02/001/005/1495/670/360/P

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of