Latihan Untuk Membantu Anak Cerebral Palsy Bisa Mandiri

Latihan Untuk Membantu Anak Cerebral Palsy Bisa Mandiri

Terapi pada anak cerebral palsyKendati gangguan yang terjadi pada anak Cerebral Palsy (CP) bersifat seumur hidup, namun kondisi ini tak menutup peluang bagi anak Cerebral Palsy untuk menjalankan hidupnya dengan normal dan melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari secara mandiri.

Meski untuk bisa mencapai kondisi ini diperlukan kerja keras dari pasien Cerebral Palsy. Akan tetapi dengan latihan rutin dan teknik yang benar, kekakuan ataupun kelemasan otot yang terjadi pada anak Cerebral Palsy lambat laun akan berkurang sehingga mereka tak lagi kesulitan untuk untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri.

Beberapa latihan yang bisa dilakukan pada anak Cerebral Palsy agar mereka bisa beraktivitas secara mandiri antara lain sebagai berikut.

Latihan Mengontrol Kepala

Latihan mengontrol kepala bisa dilakukan dengan cara memposisikan anak tidur terlentang kemudian orangtua atau terapis memberikan fasilitas mainan yang berwarna-warni atau bunyi-bunyian di sebelah kiri atau kanan anak agar mereka terdorong untuk menoleh ke kanan dan ke kiri.

Latihan berguling

Latihan berguling bisa dilakukan dengan cara memposisikan anak dalam keadaan terlentang, kemudian mulai bujuk anak untuk berguling tanpa bantuan. Dalam hal ini orangtua atau terapis bisa menjadikan mainan sebagai salah satu penarik bagi anak agar mereka berusaha meraih mainan tersebut.

Latihan duduk

Latihan duduk bisa dimulai dengan mencoba memposisikan anak untuk duduk dan memegang kedua kaki dan tangan anak untuk menjaga keseimbangan mereka. Selanjutnya orangtua atau terapis juga bisa membujuk mereka untuk kedepan dan kebelakang dari satu sisi kesisi Iainnya secara perlahan-lahan agar anak bisa belajar menjaga keseimbangan kepala dan badannya.

Latihan aktivitas sehari-hari

Ketika keseimbangan anak mulai terjaga, maka selanjutnya orangtua atau terapis bisa mengajarkan anak untuk perlahan-lahan melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri. Misalnya saja mengeringkan badannya setelah mandi, belajar makan, mandi, serta mengenakan pakaiannya sendiri.

Pastikan latihan ini dilakukan secara rutin agar otot yang kaku atau lemas bisa mulai kendor dan kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri. Ingat, anak Cerebral Palsy juga berhak mendapatkan kehidupan normal seperti anak-anak lainnya.

Sumber gambar : http://www.first-step-therapy.com/images/Michelle_on_Swiss_ball.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz