Alat Bantu Mobilitas Bagi Anak Cerebral Palsy

Alat Bantu Mobilitas Bagi Anak Cerebral Palsy

Alat bantu mobilitasCerebral Palsy adalah suatu kondisi terganggunya fungsi otak dan jaringan syaraf sehingga kemampuan anak dalam mengendalikan gerakan, pendengaran, penglihatan, dan kemampuan berpikir turut terganggu.

Untuk mengurangi dampak bertambah buruknya kondisi anak Cerebral Palsy serta menunjang kemandirian anak dalam melakukan aktivitasnya sehari-harinya, ada alat bantu mobilitas yang bisa digunakan anak Cerebral Palsy.

Beberapa alat bantu mobilitas yang bisa digunakan anak Cerebral Palsy antara lain :

  1. Sendok makan

Disini sendok makan berfungsi untuk melatih kemandirian anak untuk belajar makan sendiri, sekaligus melatih anak untuk meningkatkan kekuatan otot-otot tangannya.

  1. Cornet seat

Corner seat berfungsi memposisikan anak Cerebral Palsy dalam mendapatkan posisi yang benar serta membantu anak untuk belajar dan duduk.

  1. Front-wheeked walker

Alat yang satu ini berfungsi sebagai alat bantu melatih anak berjalan, melatih keseimbangan dan meningkatkan keberanian anak.

  1. Canadian cruc

Canadian cruc merupakan alat bantu mobilitas yang membantu anak untuk belajar berjalan dan membantu kestabilan mereka saat berjalan.

  1. Kursi roda

Seperti kita ketahui bersama, kursi roda merupakan salah satu alat yang memudahkan anak Cerebral Palsy untuk bisa bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Alat ini juga melatih anak untuk melakukan aktivitas secara mandiri.

  1. Standing frame

Standing frame adalah alat untuk latihan berdiri dengan posisi yang benar. Alat ini juga berfungsi untuk melatih otot-otot pada saat berdiri terutama pada otot tungkai bagian bawah.

Sumber gambar : http://www.solider.or.id/sites/default/files/styles/article_image_full_node/public/field/image/alat%20bantu.jpg?itok=QXg31hg4

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz