Alat Bantu Difabel Berhasil Diciptakan Dosen Teknik Elektro

Alat Bantu Difabel Berhasil Diciptakan Dosen Teknik Elektro

Alat bantu kursi rodaBerawal dari kepeduliannya melihat penyandang difabel dan lansia yang duduk di kursi roda selalu kesulitan untuk melewati anak tangga, seorang dosen jurusan Teknik Elektro dari Univertas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yakni Albert Gunadhi ST MT berinisiatif untuk mendesain alat bantu berupa kursi roda yang bisa melewati anak tangga.

Ide kreatif ini Ia peroleh setelah Albert berkunjung ke Singapura serta dari pengalaman pribadinya yang setiap hari harus melihat sang ibu yang telah lansia (duduk di kursi roda) cukup kesulitan untuk beraktivitas melalui anak tangga.

Dengan alat bantu difabel yang diinovasikan sedemikian rupa, para penyandang disabilitas yang sehari-harinya menggunakan kursi roda bisa lebih fleksibel dalam beraktivitas tanpa harus merepotkan orang lain yang ada di sekitarnya. Sebab, kursi roda ini dilengkapi dengan tombol sehingga para difabel dan lansia bisa naik turun tangga secara mandiri.

Berbeda dengan kursi roda pada umumnya, alat bantu difabel yang satu ini memiliki dua bagian utama yaitu bagian rel dan bagian angkat. Diciptakan dalam bentuk prototipe, kursi roda difabel ini sengaja dirancang untuk bisa menanjak hingga kemiringan 25°. Untuk menggerakkannya para penyandang disabilitas ataupun lansia bisa menggunakan sistem remote kontrol yang ada pada alat bantu tersebut.

Menggabungkan dua prinsip teknik, yaitu teknik elektronika dan mekanika, proses penelitian dan pembuatan krusi roda prototipe ini dilakukan di laboratorium mekanika dan robotika UKWMS Kalijudan.

Hadirnya alat bantu kursi roda ini, diharapkan bisa membantu penyandang difabel dan lansia di Indonesia untuk bisa menjalankan aktivitasnya dengan lebih mudah dan bisa hidup secara mandiri agar tak kalah bersaing dengan orang-orang di sekitarnya.

Sumber gambar : http://img.okeinfo.net/content/2014/04/16/372/971222/7IzbTmmHUk.jpg

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of