Mencegah Penyebab Cerebral Palsy Sejak Dini

Mencegah Penyebab Cerebral Palsy Sejak Dini

Cara Mencegah Cerebral PalsyMeski sampai hari ini faktor penyebab Cerebral Palsy (CP) masih bergantung waktu kejadiannya,  namun beberapa peneliti mengungkapkan bawah kemungkinan terbesar penyebab Cerebral Palsy (CP) muncul ketika masa kehamilan, persalinan, dan setelah bayi dilahirkan.

Namun jangan panik dulu, sebab ternyata resiko Cerebral Palsy (CP) bisa kita hindari sejak dini. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin mengetahui bagaimana caranya mencegah penyebab Cerebral Palsy (CP) sejak dini, simak tips lengkapnya di bawah ini.

Pertama, melakukan tes darah sebelum menikah. Cara ini dianjurkan karena beberapa kasus Cerebral Palsy (CP) terjadi karena ketidakcocokan antara Rh ibu dan sang bayi, sehingga darah ibu mengeluarkan anti bodi yang dimungkinkan bisa menyerang bayinya sendiri.

Kedua, hindari bayi Anda lahir dengan berat badan rendah atau prematur (kurang dari 2.500 gram). Kondisi ini bisa Anda cegah dengan memulai gaya hidup sehat selama proses kehamilan, menghitung asupan gizi yg baik, istirahat cukup, serta olahraga ringan yang tidak membahayakan kehamilan. Selain itu, yang utama jauhi rokok, alkohol, serta pemakaian obat-obat terlarang seperti narkoba.

Ketiga, rutin memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan. Mengingat faktor penyebab Cerebral Palsy (CP) bisa terjadi di masa kehamilan, maka penting bagi Anda untuk melakukan perawatan selama hamil dan memeriksakan secara rutin perkembangan janin.

Keempat, menghindari munculnya toksoplasmosis dan infeksi lainnya pada saat kehamilan. Wanita yang memiliki rencana hamil atau sedang hamil dianjurkan untuk menghindari toksoplasmosis untuk mencegah Cerebral Palsy (CP). Toksoplasmosis merupakan parasit yang dibawa kotoran kucing atau olahan daging yang dimasak kurang matang.

Kelima, waspada terhadap bahaya penyakit kuning pada bayi. Mewaspadai bayi terlahir kuning menjadi salah satu cara untuk mencegah Cerebral Palsy (CP). Walaupun pada beberapa kasus bayi kuning tidak berbahaya, namun bayi yang terlahir kuning harus mendapatkan perawatan  khusus dan segera dilakukan pengobatan sebab bayi kuning yang parah menjadi salah satu penyebab munculnya cerebral palsy.

Keenam, menghindari adanya cedera fisik. Salah satu penyebab Cerebral Palsy (CP) yaitu adanya cedera kepala parah, tenggelam, atau kecelakaan yang menyebabkan trauma fisik pada anak. Untuk itu sebagai orangtua kita harus selalu memperhatikan perkembangan anak dan menjaga keselamatan mereka dari hal-hal yang berbahaya.

Semoga beberapa cara mencegah Cerebral Palsy (CP) di atas, bisa memberikan manfaat dan tambahan pengetahuan serta kewaspadaan bagi Anda untuk bisa mencegah Cerebral Palsy (CP) sejak dini.

Sumber gambar : http://cerebralpalsyfacts.wikispaces.com/file/view/cerebral-palsy-babies-800X800.jpg/241534723/cerebral-palsy-babies-800X800.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz