3 Metode Membantu Anak Cerebral Palsy Belajar Bicara

3 Metode Membantu Anak Cerebral Palsy Belajar Bicara

Terapi BicaraCerebral Palsy (CP) merupakan gangguan pada otak yang bisa menyebabkan masalah gerak serta kontrol otot termasuk salah satunya menghambat perkembangan bahasa anak. Otot-otot yang awalnya berfungsi untuk berbicara, turut terganggu karena adanya kondisi Cerebral Palsy (CP).

Selain terganggunya fungsi-fungsi tubuh yang digunakan untuk berbicara, adanya gangguan bahasa pada anak Cerebral Palsy (CP) terjadi karena perkembangan bahasa yang tepat membutuhkan  kemampuan untuk mendengar yang baik pula.

Padahal, sekitar 15% anak Cerebral Palsy (CP) memiliki gangguan pendengaran yang kurang baik. Sehingga wajar adanya bila kemampuan anak Cerebral Palsy (CP) untuk berbicara dan menyusun bahasa mengalami beberapa hambatan.

Namun tak perlu khawatir, saat ini berbagai macam pengobatan dan terapi belajar bicara bisa meningkatkan perkembangan bahasa pada anak Cerebral Palsy (CP). Dengan begitu, anak Cerebral Palsy (CP) bisa menjalani hidup mereka seperti anak normal pada umumnya.

Sedikitnya ada 3 metode yang bisa membantu anak Cerebral Palsy (CP) belajar berbicara.

  1. Metode Terapi Bicara

Metode yang bisa digunakan orangtua untuk membantu anak dengan Cerebral Palsy (CP) untuk belajar berbicara yaitu melalui terapi bicara. Terapi bicara ini bertujuan untuk mengembangkan kontrol atas otot rahang dan mulut sehingga bisa membantu anak Cerebral Palsy (CP) untuk memiliki kemampuan bahasa.

Khusus bagi anak Cerebral Palsy (CP) yang tidak dapat berbicara, biasanya ahli terapis bicara yang menentukan apakah anak tersebut dianjurkan untuk belajar bahasa isyarat dan atau menggunakan alat bantu komunikasi.

  1. Metode Alat Bantu Komunikasi (Communication Devices)

Alat bantu komunikasi yang dimaksudkan bisa berupa papan komunikasi yang menggunakan gambar untuk mengkomunikasikan sebuah gagasan. Selain itu, alat bantu komunikasi juga bisa berupa perangkat bantu komputer yang bisa juga digunakan untuk “berbicara” bagi anak yang mengalami Cerebral Palsy (CP).

  1. Metode Bahasa Isyarat

Metode yang ketiga adalah menggunakan bahasa isyarat. Disini bahasa isyarat berfungsi sebagai pilihan lain untuk perkembangan bahasa pada anak dengan Cerebral Palsy (CP).

Namun, tentunya sebelum menerapkan metode bahasa isyarat, yang perlu Anda ketahui yaitu mengetahui terlebih dahulu tingkat koordinasi otot pada anak Cerebral Palsy. Sebab pada beberapa kasus, bahasa isyarat bisa menjadi metode yang membuat frustasi anak cerebral palsy (CP). Karena itu pada metode bahasa isyarat, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak Cerebral Palsy (CP).

Semoga informasi kami yang mengangkat 3 metode membantu anak Cerebral Palsy belajar bicara ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda dan memberikan bahan pertimbangan bagi orangtua sebelum mereka memberikan metode bicara yang terbaik bagi anak teristimewanya.

Sumber gambar : http://meetdoctor.com/uploads/article/kapan-terapi-wicara-dibutuhkan.jpg

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
wpDiscuz