Alat Bantu untuk Cerebral Palsy

Alat Bantu untuk Cerebral Palsy

Alat bantu cerebral palsyKekuatan dan stabilitas tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi individu dengan kondisi Cerebral Palsy. Semakin stabil tubuh semakin baik seseorang mampu bergerak dan melakukan kegiatan secara mandiri. Alat bantu bagi individu dengan kondisi Cerebral Palsy dapat membantu mencapai kestabilan sekaligus meningkatkan kekuatan, kenyamanan dan kemandirian.

Sudah menjadi pemahaman kita bersama bahwa kondisi Cerebral Palsy tidak dapat disembuhkan dan ada berbagai upaya yang dapat diambil untuk mempertahankan kondisi yang ada sekarang sekaligus memaksimalkan kemampuan yang dimiliki. Salah satunya adalah penggunaan alat bantu. Ada berbagai jenis alat bantu yang dapat dipilih untuk membantu mobilitas anak dengan kondisi Cerebral Palsy. Salah satunya AFO atau Ankle Foot Orthosis. Namun sebelum lebih lanjut membahas mengenai AFO akan lebih baik jika kita memulai dari apa yang dimaksud dengan orthosis.

Apa yang dimaksud dengan Orthosis?

Orthosis adalah alat bantu yang ditambahkan ke bagian tubuh berguna untuk menyangga anggota gerak tubuh yang mengalami kelayuan sehingga fungsi dari anggota tubuh tersebut dapat lebih dioptimalkan. Orthosis sendiri mempunyai beberapa fungsi diantaranya

Apa itu Ankle Foot Orthosis?

Sesuai dengan namanya AFO merupakan alat bantu yang dipasangkan pada kaki untuk menguatkan fungsi. AFO sendiri dimaksudkan untuk mengontrol posisi dan pergerakan pada pergelangan kaki, membantu mengatasi kalayuan dan mengoreksi kelainan bentuk pada kaki. Pada kebanyakan kasus anak cerebral palsy, drop foot merupakan kondisi yang paling sering ditemui. Sehingga penggunaan AFO sangatlah membantu memaksimalkan fungsi kaki pada anak dengan kondisi Cerebral Palsy.

Material untuk pembuatan AFO sendiri biasanya menggunakan plastic polyethelin  karena sifatnya yang ringan dan cukup fleksibel.   AFO sendiri biasanya dilengkapi juga dengan tali/pengikat yang berfungsi untuk menahan alat tersebut pada tempatnya sehingga dapat dapat menstabilkan kaki maupun pergelangan kaki.

Tentu saja tidak hanya Ankle Foot Orthosis yang dibutuhkan oleh anak dengan Cerebral Palsy. Pada beberapa kasus terdapat pula anak yang harus disupport oleh lebih dari satu alat bantu untuk memaksimalkan kemandiriannya. Oleh karenanya ayah dan bunda haruslah mampu mengenali sekaligus memilih alat bantu yang tepat bagi putra putri anda.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

  Subscribe  
Notify of